Peristiwa

5 Arca Temuan dari Puncu Akan Dipindah ke Museum Kabupaten Kediri

Kediri (beritajatim.com) – Pasca ditemukannya 5 arca di Desa Manggis Kecamatan Puncu, Dinas Pariwisata dan Kebudayan Kabupaten Kediri berencana memindahkan kelima arca tersebut ke museum kabupaten. Langkah tersebut diambil untuk menyelamatkan kondisi arca.

Memang, untuk menghindari kerusakan, penyimpanan benda purbakala diperlukan perlakuan khusus. Mulai dari suhu ruangan hingga tata cara pembersihan.

“Untuk keamanan dan kelestarian serta menghindari kerusakan dari arca tersebut, maka nanti akan dipindah ke museum kabupaten,” ucap Adi Suwignyo, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri.

Adi Suwignyo menambahkan, setelah adanya penelitian dari BPCB Jatim, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan pihak kecamatan, desa, kepolisian, serta pemilik lahan sehingga kelima arca tersebut dapat segera dipindahkan ke museum. “Secepatnya akan dipindahkan ke musem, kalau bisa dalam minggu ini,” imbuhnya.

Untuk diketahui, sebelumnya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri mendapat laporan tentang adanya temuan arca di wilayah Dusun Dorok, Desa Manggis Kecamatan Puncu saat menggali tanah. Temuan selanjutnya diteruskan ke BPCB Jatim. Telah ditindaklanjuti dengan pemeriksaan ke lokasi temuan, serta penelitian terhadap arca. Hasilnya diduga arca tersebut adalah Ganesha, Agastya, Siwa, Dewi Parwati, dan Mahakala. [nm/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar