Iklan Banner Sukun
Peristiwa

417 Calon Jemaah Haji Pamekasan Dipastikan Berangkat ke Tanah Suci

Suasana pelepasan Jemaah Calon Haji (JCH) Pamekasan, di Masjid Asy-Syuhada' Pamekasan, Kamis (26/5/2022).

Pamekasan (beritajatim.com) – Sebanyak 417 Calon Jemaah Calon Haji (CJH) Kabupaten Pamekasan dipastikan berangkat ke Tanah Suci pada musim haji 1443 H/2022 M. Kepastian itu ditandai dengan seremonial pelepasan CJH oleh Bupati Pamekasan, Badrut Tamam, di Masjid Asy-Syuhada’, Kamis (26/5/2022) kemarin.

Pelepasan ini turut dihadiri jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Pamekasan, Mawardi, serta pengurus Yayasan Masjid Asy-Syuhada’.

“Total jemaah calon haji Pamekasan, yang dipastikan berangkat pada musim haji tahun ini, sebanyak 417 orang. Terdiri dari sebanyak 414 orang jemaah, plus dua orang TPHD (Tim Pemandu Haji Daerah), serta satu orang pembimbing,” kata Kepala Kemenag Pamekasan, Mawardi, melalui Kasi Haji dan Umroh, Ilyasak, Jumat (27/5/2022).

Seyogyanya, kuota jemaah haji Pamekasan 2022 tahun ini sebanyak 443 orang. Tetapi karena sejumlah kendala, sebagian CJH memutuskan menunda keberangkatan.

“Estimasi kuota sebelumnya sebanyak 443 orang, tapi pasca verifikasi akhir tersisa sebanyak 414 orang,” ungkapnya.

“Berdasar hasil verifikasi akhir, terdapat 29 jemaah yang menunda keberangkatan dengan alasan berbeda. Di antaranya mengundurkan diri karena faktor kesehatan hingga karena tanpa mahram. Jadi bukan gagal, tapi mengundurkan diri,” jelasnya.

Tidak hanya itu, seluruh JCH termasuk jemaah dari kloter Pamekasan, nantinya juga dipastikan sudah menjalani proses vaksinasi. “Jadi calon haji yang hendak menunaikan ibadah haji, mereka sudah menjalani proses vaksin 1, 2 dan 3 atau vaksin penguat,” pungkasnya.

Untuk diketahui, JCH Pamekasan dijadwalkan berangkat dari Pamekasan menuju Asrama Sukolilo Surabaya, pada 29 Juni 2022 mendatang. Sementara mereka akan berangkat menuju Saudi Arabia, pada Agustus 2022 mendatang. [pin/beq]


Apa Reaksi Anda?

Komentar