Peristiwa

4 Kamera Trap Dipasang untuk Ungkap Pemangsa Rusa di Coban Jahe

Malang (beritajatim.com) – Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Timur memasang empat kamera trap di area penangkaran rusa tutul di Coban Jahe, Jabung, Kabupaten Malang, Selasa (22/1/2019).

Kepala BBKSDA Jawa Timur, Nandang Prihadi mengatakan, pemasangan kamera trap itu untuk mengungkap hewan buas pemangsa 14 rusa tutul di Coban Jahe. Adapun seluruh rusa tutul di penangkaran ditemukan dalam kondisi mati sebanyak 12 ekor. Sedangkan 2 ekor rusa lainnya diduda telah dimangsa oleh hewan buas.

“Langkah yang ditempuh dengan pemasangan kamera trap dan jerat dengan memancing pakai kambing di dalam kandang penangkaran. Ini untuk memastikan pemangsa rusa,” kata Nandang.

Nandang mengatakan, pihaknya belum mengetahui sampai kapan kamera trap dipasang di area penangkaran. Pihaknya berharap kamera trap dapat menangkap jejak hewan buas di area penangkaran.

Selain itu, ada dua dugaan hewan buas yang memangsa rusa tutul. Pertama adalah macan tutul karena lokasi penangkaran berdakatan dengan hutan Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Kedua adalah anjing liar, dilihat dari luka bekas gigitan.

“Terdapat beberapa ciri bekas gigitannya. Ada yang di perut dan paha. Itu cenderung indikasinya gigitan anjing liar,” tandasnya. [luc/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar