Peristiwa

4 Dokter dan 21 Perawat Kena Covid, dr. Soebandi Tak Sampai Lockdown

Jember (beritajatim.com) – Sebanyak empat orang dokter dan 21 orang perawat di Rumah Sakit Daerah dr. Soebandi di Kabupaten Jember, Jawa Timur, sempat terkena Covid-19. Namun kini mereka sudah sembuh.

“Alhamdulillah. Teman-teman langsung kami isolasi dan terapi. Mereka sudah return to work. Suratnya sudah resmi kami sampaikan ke Dinas Kesehatan sebagai laporan. Intinya kami tidak mau bermain-main dengan keselamatan pasien,” kata Direktur RSD dr. Soebandi Hendro Soelistijono, Selasa (10/11/2020).

Kendati ada 25 orang teinfeksi Covid, RSD dr. Soebandi tidak menjadi klaster tersendiri. “Karena memang kontaknya, berdasar hasil tracing, tidak semua tenaga kesehatan terkena di Soebandi,” kata Hendro.

“Kami kan juga melalui proses WFH (Work From Home), setiap 15 hari jaga, kemudian istirahat. Kemungkinan saat itu dia terpapar. Atau bahkan beberapa orang memiliki istri yang bekerja sebagai tenaga kesehatan di lain tempat. Itu yang membuat terpapar,” kata Hendro.

Kendati jumlah yang terkena banyak, RSD tidak menutup pelayanan secara total atau lockdown, dan hanya ada penutupan parsial sesuai lokasi unit yang terkena. Selain itu, tenaga layanan kesehatan untuk rawat jalan dan instalasi gawat darurat bisa diambilkan dari bagian lainnya. “Karyawan kami lebih dari seribu orang. Jadi beda dengan rumah sakit swasta. Kami masih bisa support dari ruangan-ruangan lain,” kata Hendro. [wir/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar