Peristiwa

Kalak BPBD Kabupaten Mojokerto:

4 Desa di Mojokerto Tersapu Angin Kencang

Kondisi atap rumah warga yang tersapu angin puting beliung. [Foto: misti/beritajatim]

Mojokerto (beritajatim.com) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto mencatat ada empat desa di Kecamatan Kemlagi, Kabupaten Mojokerto yang disapu angin puting beliung, Rabu (27/11/2019). Yakni Desa Mojogebang, Desa Mojowiryo, Desa Pandankrajan dan Desa Mojowono.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Mojokerto, Muhammad Zaini mengatakan, berdasarkan info dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda Surabaya bahwa di wilayah Kemlagi kecepatan angin pada pukul 14.00 WIB yaitu 35 knot (+_ 70 km/jam).

“Sehingga menyebabkan kerusakan di beberapa bangunan rumah warga, jaringan listrik dan beberapa pohon tumbang. Setidaknya ada empat desa yang terdampak angin kencang yakni Desa Mojogebang, Desa Mojowiryo, Desa Pandankrajan dan Desa Mojowono,” ungkapnya.

Masih kata Zaini, kejadian berlangsung sekitar pukul 13.15 WIB hingga pukul 14.00 WIB. Akibat angin puting beliung tersebut, puluhan atap rumah warga, warung, tempat usaha dan fasilitas umum seperti Balai Pertanian rusak. Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Mojokerto langsung melakukan kaji cepat.

“Yakni membantu warga untuk evakuasi pohon tumbang dan membersihkan rumah warga yang terdampak angin kencang serta berkoordinasi dengan PLN karena banyak instalasi listrik yang rusak akibat angin kencang tersebut,” katanya. [tin/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar