Peristiwa

375 Personel Amankan Lebaran di Jember

Jember (beritajatim.com) – Sebanyak 375 personel diterjunkan untuk mengamankan situasi selama lebaran, 29 Mei – 10 Juni 2019, di Kabupaten Jember, Jawa Timur. Sebanyak 200 orang di antaranya adalah personel kepolisian.

“Insya Allah kami sudah siapkan semua. Untuk pengamanan jalur, kami sudah personel untuk mengantisipasi rawan kemacetan dan rawan kecelakaan,” kata Kepala Kepolisian Resor Jember Ajun Komisaris Besar Kusworo Wibowo, usai apel pasukan di alun-alun, Selasa (28/5/2019).

Sementara itu jalan-jalan yang rusak sudah diperbaiki. “Insya Allah hari ini terakhir untuk perbaikannya dan bisa dilalui semua kendaraan,” kata Kusworo.

Personel kepolisian juga ditempatkan di lokasi-lokasi yang rawan kejahatan seperti di terminal, stasiun, dna tempat keramaian lainnya. “Pengamanan rumah-rumah yang ditinggalkan dalam keadaan kosong, kami sudah koordinasikan dengan RT-RW setempat dan polsek agar mendata. Kami sudah sampaikan agar dilakukan pengamanan ganda. Selain kunci yang ada, pasang teralis, pasang kunci ganda,” kata Kusworo.

“Ada sniper (penembak jitu) yang kami tempatkan di lokasi yang rawan bajing loncat (penjarahan kendaraan angkutan barang),” kata Kusworo. Mengantisipasi uang palsu, polisi bekerjasama dengan Kantor Bank Indonesia.

Wakil Bupati Jember Abdul Muqit Arief mengatakan, libur lebaran kali ini dalam suasana tahapan pemilu. “Saya berharap kepada masyarakat agar betul-betul mendeteksi dini sekecil apapun tanda-tanda yang menjurus kepada persoalan yang berkaitan dengan keamanan dan ketertiban. Segera sampaikan kepada pihak berwajib,” katanya. [wir/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar