Iklan Banner Sukun
Peristiwa

314 CJH Ponorogo Gagal Berangkat Tahun Ini

Susana kantor Kemenag Kabupaten Ponorogo. (Foto/Endra Dwiono)

Ponorogo (beritajatim.com) – Pemerintah Arab Saudi membuat kebijakan pembatasan usia dalam calon jemaah haji (CJH) pada tahun ini. Mereka hanya memperbolehkan CJH paling tua berumur 65 tahun. Kebijakan tersebut, berimbas pada menurunnya jumlah CJH yang berangkat dari Indonesia.

Hampir di semua daerah mengalami penurunan angka CJH yang berangkat ke tanah suci. Tak terkecuali calon jemaah haji dari Ponorogo. Akibat kebijakan tersebut, sebanyak 314 jemaah tertunda keberangkatannya.

“Arab Saudi menginginkan pembatasan usia, jadi Kemenag mengeluarkan keputusan menteri agama (KMA) nomor 405 tahun 2022 tentang kuota haji tahun ini. Di Ponorogo ada 314 jemaah yang tertunda keberangkatannya,” kata Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Ponorogo, Muhammad Nurul Huda, Rabu (25/5/2022).

Huda sapaan karibnya menyebut, dengan tertundanya 314 jemaah ini, kuota untuk Kabupaten Ponorogo yang berangkat pada musim haji tahun ini hanya sebanyak 194 jemaah. Jumlah tersebut, selain terdampak pembatasan usia, juga karena Kabupaten Ponorogo ikut pada kuota haji Provinsi Jawa Timur (Jatim). Sehingga untuk bumi reog mendapatkan jatah 194 jemaah yang berangkat.

“Yang berangkat tahun ini, bukan hanya imbas dari pembatasan usia, namun juga kuota Jatim, Ponorogo mendapatkan jatah 194 saja,” katanya.

Hadi menyebut 314 jemaah tertunda berangkat tahun ini, bakal diberangkatkan pada tahun depan atau tahun 2023. Dimungkinkan pembatasan usia calon jemaah haji ini, hanya berlaku pada tahun ini. Pertimbangan Pemerintah Arab Saudi memberikan kebijakan pembatasan usia ini, mempertimbangkan keadaan yang terjadi. Menurut Huda, adanya keadaan pandemi Covid-19 ini menjadi endemi. Selain itu, saat musim haji nanti, diprediksi di Arab Saudi swdang mengalami cuaca ekstrem. Suhu udara disana diperkirakan mencapai 48-50 derajat celcius saat musim haji nanti.

Lebih lanjut, Hadi mengatakan berbagai persiapan sudah dilakukan oleh 194 jemaah yang berangkat tahun ini. Mereka sudah melakukan vaksinasi Covid-19 dengan lengkap. Yakni selain vaksin 2 kali, mereka juga melakukan vaksinasi booster 1 kali. Terbaru, para jemaah juga sudah melaksanakan manasik haji yang digelar 3 hari. Yakni mulai digelar sejak Senin (23/5) hingga Rabu (25/5). Kemudian baru nanti pada tanggal 6 Juni 2022, ratusan calon jemaah haji ini berangkat dari Ponorogo.

“Tanggal 6 Juni nanti berangkat. Start di depan Pendopo Pemkab, nanti juga dilakukan upacara resmi. InsyaAllah diberangkatkan oleh Bapak Bupati,” pungkasnya. [end/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar