Peristiwa

3 Pekerja PT ENERO Tewas Usai Cium Bau Menyengat di Kolam Etanol

Kasat Reskrim Polresta Mojokerto, AKP Sodik Efendy. [Foto: misti/bj.com]

Mojokerto (beritajatim.com) – Dari hasil penyelidikan sementara, diketahui salah satu korban kecelakaan kerja di PT Energi Agro Nusantara (ENERO) menghirup aroma menyengat dari kolam lumpur endapan cairan etanol. Sementara keempat korban berusaha menolong, namun naas hanya dua korban yang berhasil selamat.

Kasat Reskrim Polresta Mojokerto, AKP Sodik Efendy mengatakan, para korban membersihkan kolam sisa etanol berupa lumpur. “Korban turun ke tandon, menghirup bau tidak enak dan tidak kuat. Korban berusaha naik tapi dia terjatuh. Teman yang lain berusaha membantu, ternyata hal sama terjadi (terjatuh, red),” ungkapnya, Sabtu (11/4/2020).

Masih kata Kasat, dari lima korban yang terjatuh di dalam kolam lumpur endapan cairan etanol tersebut, hanya dua korban yang selamat. Para korban tersebut membersihkan tabung, namun pihaknya belum bisa menyimpulkan dugaan kelalaian dalam kasus kecelakaan kerja tersebut.

“Belum bisa dipastikan biar ahlinya yang menyatakan hal itu (keracunan, red). Unsur kelalaian belum dipastikan, masih proses penyelidikan dan penyidikan lebih lanjut terkait hal ini. Masih olah TKP dan kita pasang police line biar Labfor menentukan terkait hal ini. Hari ini, dokter forensik melakukan otopsi,” jelasnya.

Kasat menambahkan, pihaknya sudah memeriksa beberapa saksi dan juga berencana mendatangkan Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Polda Jawa Timur untuk mengecek kandungan kimia di lumpur. Hingga kini, dua korban selamat masih menjalani perawatan di IGD RSUD RA Basoeni Kecamatan Gedeg, Kabupaten Mojokerto. [tin/suf]

Berikut nama dua korban selamat:
1. Mochamad Jainun (55) warga Dusun Ngudi RT 021 RW 04, Desa Gempolkrep, Kecamatan Gedeg, Kabupaten Mojokerto.

2. Koirul Hidayat warga Dusun Gobah, Desa Gembongan, Kecamatan Gedeg, Kabupaten Mojokerto.

 

Berikut nama tiga korban tewas :

1. Beni Trio Sucahyo warga Jalan Margitosan RT 011 RW 04, Desa Gembongan, Kecamatan Gedeg, Kabupaten Mojokerto.

2. Adhi Bayu Nugraha warga Dusun Sukosewu, RT 08 RW 02, Desa
Gempolkrep, Kecamatan Gedeg, Kabupaten Mojokerto.

3. Rudik warga Dusun Sukosewu, Desa Gempolkrep, Kecamatan Gedeg, Kabupaten Mojokerto

Apa Reaksi Anda?

Komentar