Peristiwa

29 Kabupaten/Kota di Jawa Timur Rawan Bencana

Banyuwangi (beritajatim.com) – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah melakukan kajian mengenai resiko bencana di Jawa Timur. Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur tahun 2016 mencatat, resiko tinggi bencana berada di 29 kabupaten/kota.

“Kalau bencana tsunami itu ada 8 kabupaten yaitu di daerah sepanjang pantai selatan, mulai dari Banyuwangi sampai Pacitan. Itu kalau di desakan ada 156 desa,” kata Kepala BPBD Jawa Timur, Suban Wahyudiono, Minggu (6/1/2019).

Suban juga menyebut ada 22 kabupaten/ kota di Jatim yang rawan terjadi banjir. Pasalnya, daerah ini memiliki 7 aliran sungai besar. “Ada sungai Bengawan Solo, Brantas, Bajulmati, Welang, Sungai Madura, Bondoyudo Lumajang itu,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut Suban, ada juga daerah di Jatim ini yang rawan longsor. Pihaknya memetakan, daerah itu berada di wilayah selatan. “Mulai dari Pacitan, dan Banyuwangi juga rawan longsor. Jadi Jawa Timur ini lengkap lah,” ujarnya.

Dari kondisi itu, BPBD Jawa Timur telah melakukan kesiapsiagaan menghadapi bencana tersebut. Di antaranya, meningkatkan kordinasi, menyiapkan langkah dalam rangka menghadapi bencana. Selain itu, melakukan pemeriksaan peralatan, meningkatkan pelaporan, maupun mendirikan posko termasuk memberdayakan komunitas.

“Gubernur juga telah mengundang seluruh pemimpin daerah di Jawa Timur, mulai dari bupati, camat dan kades untuk siap siaga dalam menghadapi kemungkinan bencana. Terutama yang berada di daerah rawan itu,” terangnya. (rin/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar