Iklan Banner Sukun
Peristiwa

20 Hektare Lahan di Lereng Gunung Penanggungan Mojokerto Terbakar

Kebakaran di lereng Gunung Penanggungan, Minggu (28/8/2022) kemarin. [Foto : ist]

Mojokerto (beritajatim.com) – 20 hektare lahan padang rumput di Lereng Gunung Penanggungan di Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto, terbakar pada Minggu (28/8/2022). Area yang terbakar tepatnya di petak 1 RPH Ngoro Balai Pemantapan Kawasan Hutan (BPKH) Penanggungan Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Pasuruan.

Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) diketahui setelah adanya informasi dari LMDH Penanggungan. Asap terlihat di gunung dengan ketinggian 1.653 MDPL (Meter Di atas Permukaan Laut) sekitar pukul 10.16 WIB. Tiga personel SAR Penanggungan melakukan assessment untuk mencari titik api tersebut.

Lokasi kebakaran tepatnya di atas Candi Sinta atau di lereng antara Gunung Penanggungan dan sisi timur Gunung Bekel. Secara geografis, letak lokasi kebakaran tidak berada di atas kawasan Ngoro namun persis di sisi utara Puncak Pawitra.


Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto, Djoko Supangkat mengatakan, area yang terbakar merupakan rumput ilalang. “Sekira pukul 17.28 WIB, api telah berhasil dipadamkan,” ungkapnya, Senin (29/8/2022).

Djoko menerangkan, upaya pemadaman dilakukan BPBD Kabupaten Mojokerto bersama Perhutani, potensi relawan dan warga sekitar. Di Jalur Kunjorowesi, Kecamatan Ngoro, pemadaman melibatkan Perhutani dan warga, Sementara di Jalur Tamiajeng, LMDH dikerjakan oleh SAR Penanggungan dan LPBINU.

“Untuk penyebab belum diketahui namun kami nengimbau kepada para pendaki untuk selalu menjaga kelestarian alam dengan mematikan api unggun apabila sudah tidak diperlukan lagi dan jangan buang sembarangan puntung rokok,” imbaunya.

Djoko menjelaskan, pasca kebakaran lereng Gunung Penanggungan pada, Minggu (28/8/2022) kemarin, aktivitas pendakian masih normal. Tidak ada penutupan di dua jalur pendakian, namun pihaknya meminta untuk kewaspadaan terkait karhutla karena diduga penyebab kebakaran karena ulah manusia. [tin/beq]


Apa Reaksi Anda?

Komentar