Peristiwa

2 Pohon Sono di Mojokerto Tumbang Timpa Mobil, Truk, dan Pengendara Motor

Sebuah mobil tertimpa pohon tumbang di Jalan Niaga Kecamatan Mojosari, Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto.

Mojokerto (beritajatim.com) – Dua buah pohon jenis sono di Jalan Niaga Kecamatan Mojosari, Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto, Senin (7/12/2020) sore tumbang. Akibatnya, dua pohon tersebut menimpa sebuah kendaraan roda empat jenis sedan, truk box dan pengendara sepeda motor.

Pohon Sono dengan diameter 30 cm sampai 40 cm tersebut menimpa truk box nopol W 8285 K dan pengendara sepeda motor Riana asal Desa Kauman, Kecamatan Bangsal, Kabupaten Mojokerto. Korban mengalami luka ringan dan bisa melanjutkan perjalanan.

Sementara truk box juga mengalami kerusakan ringan. Satu pohon Sono di lokasi lain dengan diameter 40 cm sampai 50 cm juga menimpa sebuah mobil sedan nopol N 1893 SK milik Suwarno warga Desa Pandan, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto. Mobil mengalami kerusakan cukup parah.

Pemilik mobil, Suwarno mengatakan, ia hendak membeli pulsa sehingga ia memarkir mobil miliknya tepat dibawah pohon yang tumbang. “Saya beli paket data di selatan sana, mobil saya parkir disitu memang. Tiba-tiba pohon itu tumbang dan menimpa mobil saya,” ungkapnya.

Masih kata Suwarno, pada saat kejadian memang dalam kondisi hujan gerimis dan angin cukup kencang. Beruntung di dalam mobil tidak ada penumpang saat ia memarkir mobil miliknya karena memang ia sendiri. Akibat pohon tumbang tersebut, kerugian ditafsir mencapai puluhan juta rupiah.

“Kalau kerugian ya sekitar Rp40 juta karena kelihatanya parah banget mobil saya. Tapi beruntung saya sendiri saat bawa mobil jadi pas saya parkir dan saya tinggal beli pulsa, tidak ada orang di dalam mobil,” katanya.

Ketua Relawan Info Seputar Mojosari (ISM), Agus Wahyu Cahyono yang turut membantu evakuasi pohon tersebut menjelaskan, ia langsung memerintahkan anggotanya untuk melakukan evakuasi bersama pihak terkait. “Kita siapkan 15 personil relawan,” ujarnya.

Agus menjelaskan, bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan TNI/Polri, ILM membantu mengevakuasi dua pohon yang tumbang. Setelah dua jam, pohon yang menutupi akses jalan pasar tersebut berhasil disingkirkan.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Mojokerto, Muhammad Zaini menjelaskan, berdasarkan pantauan satelit Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda di wilayah Kabupaten Mojokerto diguyur hujan. “Hujan turun dengan intensitas ringan, sedang hingga lebat yang disertai angin,” jelasnya.

Angin dengan kecepatan 30 KM/jam serta kondisi akar pohon yang sudah rapuh, lanjut Zaini, mengakibatkan dua pohon tumbang di Jalan Niaga Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto. Sekira pukul 16.40 WIB, kedua pohon berhasil dievakuasi dan arus lalu-lintas di sekitar lokasi kembali normal. [tin/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar