Peristiwa

12 Rusa Tutul di Coban Jahe Mati Digigit Hewan Buas

Malang (beritajatim.com) – Penangkaran rusa di Coban Jahe, Desa Pandansari, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang, mendadak heboh, Minggu (20/1/2019). Hal itu lantaran rusa tutul (Axis axis) yang berada di penangkaran tersebut mati. Informasi yang dihimpun, ada 14 ekor rusa tutul yang di tangkarkan di Coban Jahe. Dari seluruh rusa itu, 12 ekor ditemukan mati dan sisanya menghilang.

Peristiwa yang mengegerkan pihak pengelola Coban Jahe itu diketahui sekitar pukul 06.30 WIB, Minggu pagi tadi. Kapolsek Jabung, AKP Samsul Arifin menjelaskan, peristiwa itu pertama kali diketahui oleh Kusnul, petugas yang biasa merawat rusa di penangkaran tersebut. Saat itu, Kusnul hendak memberi makan rusa-rusa tersebut.

“Saudara Kusnul yang merawat rusa hendak memberikan makan di tempat penangkarannya, ternyata 12 ekor rusa mati dan 2 ekor hilang, tidak ada di tempat penangkaran,” terang Samsul.

Kusnul kemudian melaporkan peristiwa itu pada pihak Perhutani selaku pengelola Coban Jahe dan diteruskan ke Polsek Jabung. Petugas dari Polsek Jabung dan Perhutani kemudian langsung mendatangi lokasi. “Hasil pengecekan di TKP, rusa tutul yang ditangkar sebanyak 14 ekor. Kondisinya 12 ekor mati, 2 ekor hilang,” kata Samsul.

Hasil olah TKP lain, diduga bahwa kematian dan hilangnya rusa-rusa tersebut karena dimangsa hewan buas. Hal itu diperkuat dengan kondisi rusa yang mati terdapat bekas gigitan pada bagian leher. “Hasil pemeriksaan dokter hewan Arifin Wibisono, bahwa kematian rusa tersebut akibat gigitan binatang buas, jenis karnifora dan pemakan lebih dari 3 ekor,” pungka Samsul. (yog/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar