Peristiwa

12 Ruas Jalan Rusak Akibat Banjir di Gresik Bakal Diperbaiki

Gresik (beritajatim.com) – Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Gresik akan melelang 12 ruas jalan yang mengalami kerusakan akibat meluapnya Kali Lamong.

Dua belas ruas jalan tersebut terdiri dari ruas jalan Domas-Gluran Ploso, Ruas Benter-Kalipadang, Cerme-Metatu, Dungus-Dampaan, Klotok-Babatan, Slempit-Cermenlerek, Kedungsumber-Tanahlandean, Dapet-Jombangdelik, Bulangkulon-Lundo, Munggugiyanti-Bulangkulon, Cermelor-Pandu, Bobo-Benowo.

“Semua jalan tersebut total luasnya sekitar 12 Kilometer dan segera dilelang untuk pengerjaannya,” ujar Kepala Dinas (Kadis) DPUTR Kabupaten Gresik, Gunawan Setijadi, Kamis (16/04/2020).

Masih menurut Gunawan Setijadi, untuk jalan dengan kerusakan kecil, dikerjakan oleh Unit Reaksi Cepat (URC) Dinas PU. Sementara kerusakan jalan yang belum direncanakan, Pemkab Gresik menggunakan dana insidentil.

Ditanya mengenai perbaikan kerusakan pada jalan provinsi atau jalan nasional yang diakibatkan oleh banjir. Dijelaskan Gunawan Setijadi, terkait dengan itu pihaknya tidak bisa menganggarkan dana perbaikan untuk jalan provinsi dan jalan nasional.

“Soal itu bukan kewenangan kami. Perbaikan hanya untuk jalan kabupaten dan jalan lainnya yang menjadi kewenangan wilayah kabupaten,” ungkapnya.

Rencananya perbaikan jalan tersebut dilakukan jika cuacanya membaik. Saat ini, belum bisa dilakukan karena masih musim hujan dan keadaan jalan masih banjir. [dny/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar