Peristiwa

10 Bulan Tahun 2019 Ada 128 Nyawa Melayang di Jalan Kota Surabaya

papan digital menunjukkan angka kecelakaan angka korban jiwa, angka luka berat, angka luka ringan di sekitar Polsek Tegalsari, Surabaya.(manik priyo prabowo)

Surabaya (beritajatim.com) – Dari Januari 2019 hingga Oktober 2019 tercatat ada 128 orang meninggal dunia karena kecelakaan lalu lintas di jalan Kota Surabaya.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Kanit Lantas Polrestabes Surabaya, AKP Faqih, saat dihubungi beritajatim.com Jumat (15/11/2019). Menurutnya angka tersebut justru cenderung menurun dibandingkan 2018 lalu yang mencapai angka sebanyak 155 orang meninggal dunia di periode yang sama.

“Justru menurun karena memang selain angka kematian yang menurun juga angka korban luka berat maupun buka ringan juga cenderung menurun,” jelasnya.

Sementara Menurut data kecelakaan yang di berikan unit Laka Lantas Polrestabes Surabaya tercatat luka ringan pada periode yang sama yakni sebanyak 1253 orang sedangkan Luka berat sebanyak 145 orang untuk angka kecelakaan sendiri tercatat sebanyak 1162 kasus kecelakaan.

Lebih lanjut AKP Fakih menjelaskan, korban meninggal dunia rata-rata terjadi akibat kecelakaan yang disebabkan oleh faktor human error atau kesalahan para pengendara sendiri.

Kesalahan para pengendara ini yakni dikarenakan kurangnya kehati-hatian, baik itu terkait fisik atau kelelahan pengendara. Angka kecelakaan ini juga dikarenakan kurangnya faktor kesadaran pengendara untuk melengkapi atribut keselamatan berlalu lintas.

“Jadi memang kecelakaan terjadi dikarenakan faktor kelelahan tapi juga dikarenakan kurang sadarnya kelengkapan atribut pengendara. Ya seperti helm spion atau juga perawatan rem,” lanjutnya.

Guna mengantisipasi meningkatnya angka kecelakaan ini Polrestabes Surabaya memberikan sosialisasi akan pentingnya keselamatan berkendara titik Selain sosialisasi ke setiap sekolahan atau instansi unit Laka Lantas juga melampirkan angka kecelakaan di beberapa titik Jalan Padat kendaraan.

“Ada dua titik sosialisasi tentang angka kecelakaan angka korban meninggal dunia angka Luka berat serta angka luka ringan titik yakni ada di kawasan Polsek Wonokromo dan Polsek Tegalsari,” paparnya.(man/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar