Peristiwa

1 Rumah Warga di Ponorogo Rusak Akibat Gempa Malang

Rumah milik Hadi Purnomo yang rusak akibat gempa M 6,7 yang berpusat di Barat Daya Kabupaten Malang. (Foto/Istimewa)

Ponorogo (beritajatim.com) – Getaran gempa bumi tektonik yang terjadi di pesisir Jawa bagian selatan pada pukul 14.00 WIB juga turut dirasakan di wilayah Ponorogo. Bahkan, ada satu rumah warga yang mengalami kerusakan akibat gempa yang berpusat di 90 km Barat Daya Kabupaten Malang dan kedalaman 25 km tersebut.

“Sementara dari pantauan kami, di Ponorogo masih ada satu rumah yang rusak akibat gempa yang terjadi tadi sekitar pukul 14.00 WIB,” kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Ponorogo, Setyo Budiono, Sabtu (10/4/2021).

Rumah yang rusak akibat gempa itu milik Hadi Purnomo (36), warga jalan Gadung Melati , RT/RW 002/001, Desa/Kecamatan Kabupaten Ponorogo. Budi sapaan akrab Setyo Budiono menyebut rumah Hadi Purnomo yakni tembok di sisi timur roboh. Dia menyebut jika kondisi rumah memang sudah tua, belum ada perbaikan sejak 30 tahun terakhir. Oleh karena itu, saat ada gempa dengan kekuatan M 6,7, rumah menjadi roboh.

“Yang roboh hanya tembok di sisi timur. Sehingga ini kondisi rumahnya miring,” katanya.

Untuk mengantisipasi supaya rumah tidak roboh semua, tim gabungan dari BPBD, TNI Polri dan masyarakat mengadakan kerja bakti untuk menurunkan atap rumah Hadi Purnomo. Sebab, rumah keadaan miring, ditakutkan nantinya malah roboh semuanya.

Dampak Gempa di Kabupaten Malang hingga membuat rumah warga di Ponorogo rusak, Sabtu (10/4/2021)

Beruntung tidak ada korban jiwa atas robohnya rumah tersebut. Anggota keluarga lainnya, yakni istri Hadi dan 2 anaknya berhasil keluar rumah saat gempa terjadi. Budi menyebut kerugian materil diperkirakan mencapai Rp 40 juta.

“Beruntungnya tidak ada korban jiwa, anggota keluarga berhasil keluar rumah saat gempa terjadi. Kerugian ini masih dihitung, namun kurang lebih mencapai Rp 40 juta,” pungkasnya. (end/ted)



Apa Reaksi Anda?

Komentar