Pendidikan & Kesehatan

Yayasan InCH Gelar Ghatering Bersama Keluarga Pasien Jantung

Sidoarjo (beritajatim.com) – Yayasan Indonesia Children Heart (InCH) menggelar gathering bersama keluarga pasien jantung anak di ruang Aula AR Fachrudin RS Siti Khodijah Muhammadiyah Cabang Sepanjang Kecamatan Taman Sabtu (14/12/2019).

Acara ini digelar untuk launching InCH sekaligus mengupas tentang penyakit jantung bawaan anak. Gathering ini menghadirkan dr. M. Hamdan, Sp.S. (K) selaku Direktur RS Siti Khodijah Muhammadiyah Cabang Sepanjang Sidoarjo, dr. Edin Hartati, Sp. A selaku Ketua Yayasan InCH dan Dr. dr. Mahrus A. Rahman, Sp. A (K) selaku pembina Yayasan InCH.

Dikatakan Dr. dr. Mahrus A. Rahman, Sp. A (K), acara ini digelar untuk pengenalan
Yayasan InCH terhadap keluarga pasien jantung anak. Mereka datang dari dalam dan luar kota Sidoarjo. Semua yang hadir dalam acara gathering dari kelurga pasien jantung anak. “Mereka kita berikan penyuluhan, pelayanan dasar dan arahan penanganan dalam mengatasi penyakit jantung yang diderita anak-anak,” katanya.

Mahrus menambahkan, pasien yang sudah terdata dan bergabung dengan Yayasan InCH nantinya juga akan mendapatkan bantuan soal biaya dan lainnya dalam penangan medis. Yang diajak kerjasama Yayasan InCH dalam penanganan penyakit jantung adalah RS Siti Khodijah Muhammadiyah Cabang Sepanjang.

“Karena dokter spesialis penyakit jantung dan peralatan yang mendukung perawatab medis, yakni RS Siti Khodijah Muhammadiyah Cabang Sepanjang. Jadi nanti semua pasien yang tergabung dalam Yayasan InCH akan diarahkan ke RS Siti Khodijah sini,” tandasnya.

Ketua Yayasan InCH dr. Edin Hartati, Sp. A merinci, untuk pasien jantung yang tergabung dalam yayasannya ada sebanyak sekitar 200 orang. Mereka dari Sidoarjo, Pasuruan, Lumajang, Jombang, Lamongan dan kota lainnya yang ada di Jawa Timur.

Soal penanganan medis, nantinya Yayasan InCH juga akan melakukan pendekatan pimpinan daerah dan tokoh-tokoh yang ada di daerah pasien.

“Tujuannya paling tidak ada perhatian, subsidi dana maupun lainnya dari pihak yang kita dekati. Dalan penanganan penyakit jantung, biayanya tidak murah. Intinya kami juga ikut memikirkan dan membantu kesembuhan pasien jantung yang tergabung dalam Yayasan InCH,” imbuhnya.

Sementara itu, Direktur RS Siti Khodijah Muhammadiyah Cabang Sepanjang Sidoarjo dr. M. Hamdan, Sp.S. (K) selaku mengapresiasi dan menyambut gembira kerjasama Yayasan InCH ini yang peduli dengan keluarga pasien jantung anak, terlebih bagi dari keluarga tidak mampu.

“Kita dukung Yayasan InCH yang peduli terhadap keluarga atau pasien penyakit jantung ini,” papar Hamdan.

Pasangan suami isteri Faiz dengan Dewi yang anaknya terdiagnosa ada kelainan jantung mengaku untuk biaya yang dikeluarkan dalam perawatan medis anaknya, biaya cukup besar.

Setelah keduanya bergabung dalam Yayasan InCH, keluarga mendapatkan arahan dan lainnya untuk kesembuhan anak perempuannya. Anak keduanya itu dulu dirawat di RS Siti Khodijah.

Ia mensyukuri anaknya sekarang ini sudah sembuh dan tidak ada kelainan dalam soal jantung. “Alhamdulillah sekarang ini anak saya sudah sembuh dari penyakit jantung,” terang Faiz. (isa/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar