Pendidikan & Kesehatan

Yayasan Bangun Sehat Indonesiaku Ajak Veteran dan Purnawiran Hidup Sehat

YBSI bersama PIPAL menyerahkan bingkisan ke veteran yang sudah berumur 95 tahun di Hotel Grand Dafam, Surabaya, Jumat (15/11/2019).(manik priyo prabowo)

Surabaya (beritajatim.com) -Yayasan Bangun Sehat Indonesiaku (YBSI) mengajak para veteran di Surabaya hidup sehat. Tak hanya mensosialisasikan hidup sehat terbebas dari penyakit karena kolesterol.

YBSI juga mengajak para lansia ini hidup dengan menghidari penyakit menua yakni osteoporosis. Semua kegiatan ini menurut founder YBSI, Kolonel laut ( K) dr. Hisnindarsyah, diberikan secara gratis alias cuma-cuma.

“YBSI memiliki visi untuk pemberdayaan kesehatan bagi masyarakat pra sejahtera. Konsentrasinya adalah bakti sosial kesehatan, kemudian tanggap darurat pada saat bencana buat veteran,” jelasnya di acara YBSI adakan baksos veteran menyambut hari pahlawan 2019 di Hotel Grand Dafam, Surabaya, Jumat (15/11/2019).

Sementara itu acara yang berlangsung ramai ini diikuti oleh sekitar 300 veteran dan purnawirawan dari LVRI, PEPABRI, PPAL, PIVERI, PIPAL se Surabaya. Tak hanya itu, YBSI juga melakukan pembinaan dan sosialisasi ada daerah-daerah yang memerlukan pemberdayaan pada lembaga-lembaga pendidikan contohnya pondok pesantren.

“Sehingga kita tidak hanya fokus pada veteran saja, tapi kita juga berkeliling di pondok pesantren,” lanjut dr Hisni.

“Sementara acara YBSI sendiri visinya setiap tahun dua kali menggelar acara untuk mensosialisasikan pemikiran akan kesadaran satu kehidupan sehat itu muncul dari silaturahmi seperti ini,” paparnya.

Lebih lanjut dr Hisni menjelaskan, pertemuan ini juga sebagai tempat untuk melakukan pengecekan terhadap kondisi kesehatan para veteran dan purnawirawan. Sebab kegiatan ini juga terdapat pelayanan kesehatan umum dan laboratorium serta pemberian obat secara gratis. Selain itu YBSI juga memberikan apresiasi bervariasi yang disesuaikan dengan dukungan seponsor yang diterima.

“Nah ibu Ade Supandi itu adalah pengembangan dari kegiatan kerjasama Veteran dengan gaya seimbang sehat. Awalnya YBSI bekerja sama dengan Veteran saja tetapi dalam perkembangannya akhirnya bekerjasama dengan paguyuban purnawirawan,” sebutnya.

Kerjasama ini dikarenakan para veteran sudah semakin banyak yang meninggal. Sehingga anggota veteran pun semakin berkurang. Oleh sebab itu YBSI merangkul purnawirawan termasuk dari TNI ini. Selain itu, guna menyukseskan acara ini, YBSI juga merangkul sejumlah pengusaha dan tim medis baik dokter umum maupun spesialis. “Selain itu juga bekerjasama dengan Hotel Grand Dafam. Sebab dari sejak awal pembenukan YBSI pelaksanaan sering digelar di Balai RW dan sekarang dilaksanakan di hotel jadi tentunya disambut hangat para veteran dan purnawirawan,” pungkas dr Hisni.(man/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar