Pendidikan & Kesehatan

Yang Positif Covid-19 Pegawai di Kantor, Pengerjaan Proyek Bendungan Bendo Jalan Terus

Keadaan di lapangan proyek pekerjaan pembangunan waduk Bendo di Desa Ngindeng Kecamatan Sawoo. (Foto/Istimewa)

Ponorogo (beritajatim.com) – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Ponorogo drg. Rahayu Kusdarini meluruskan terkait kasus Covid-19 yang menimpa pekerja proyek pembangunan bendungan. Dia menyebut jika 18 orang terkonfirmasi itu adalah pegawai yang berada di kantor, bukan dari pekerja yang di lapangan.

“Ternyata beda pekerja dan pegawai. Kalau di proyek pembangunan waduk Bendo, pekerja itu yang di lapangan. Sedangkan yang positif itu banyak dari pegawai yang kerjanya di kantor, ” kata Irin sapaan akrab Rahayu Kusdarini, Senin (12/10/2020).

Awal mula ada pegawai yang positif itu, dari rapid tes mandiri yang dilakukan rutin oleh perusahaan. Nah, ada salah satu pegawai yang reaktif, kemudian dilakukan tes swab dan hasilnya positif. Hingga kini total ada 18 yang positif, namun yang ber-KTP Ponorogo hanya 6 orang. Kondisi mereka baik-baik saja, hanya 2 orang yang bergejala ringan dan di rawat di rumah sakit. “Mereka yang positif berasal dari luar Ponorogo melakukan isolasi mandiri di daerah masing-masing,” katanya.

Sementara itu PPK Bendungan I Bengawan Solo Rifki Maulana membenarkan jika yang positif Covid-19 adalah pegawai di proyek pembangunan bendungan Bendo. Setelah ada yang positif, pihaknya langsung melakukan swab terhadap 90 personil. Dari swab itu yang terkonfirmasi positif langsung diminta melakukan isolasi. “Jadi langsung kami swab, dan yang terpapar Covid-19 diminta isolasi,” katanya.

Terkait kelanjutan proyek pembangunan bendungan, Rifki mengaku masih menunggu arahan pimpinan. Yang jelas, kata Dia pihaknya sudah melakukan pengecekan kesehatan ke semua personil. Juga melakukan kegiatan sesuai dengan prosedur, yang di lapangan sudah di swab semua.

“Kalau yang di kantor otomatis kami hentikan dulu, sedangkan di lapangan dilanjutkan. Karena sudah dipastikan negatif dan tidak kontak erat dengan pegawai yang positif,” pungkasnya. (end/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar