Pendidikan & Kesehatan

Winner 3in1, Inovasi TTG Mahasiswa UMSurabaya saat KKN Domisili

Surabaya (beritajatim.com) – Di tengah Pandemi Covid-19 Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMSurabaya) menerapkan Kuliah Kerja Nyata (KKN) berbasis domisili.

Mahasiswa yang mengikuti KKN diwajibkan untuk membuat program wajib serta program tambahan. Program wajib terkait pecegahan persebaran covid-19. Program tambahan terkait dengan pembuatan teknologi tepat guna (TTG) atau pendampingan UMKM yang terkena dampak Covid-19.

Salah satu TTG yang akan digunakan dalam KKN adalah Winner 3in1 yang merupakan alat pencuci tangan otomatis. (tanpa sentuh) yang menggabungkan 3 langkah cuci tangan: air sabun, air bilas dan pengering. Alat ini juga memiliki keistimewaan mobile able, charge able dengan power supply AC/DC.

Rektor UMSurabaya, Dr.dr. Sukadiono,MM mengatakan bahwa tujuan utama UMSurabaya dalam KKN kali ini adalah, sebisa mungkin memfasilitasi kebutuhan dasar preventif masyarakat selama pandemi, seperti pengetahuan, sarana hidup bersih dan sehat dan sebagainya.

“KKNnya baru dimulai hari ini, harapannya dengan mahasiswa yang terjun ke masyarakat bisa membantu apa yang dibutuhkan masyarakat secara spesifik,” ujar Suko, Kamis (6/8/2020).

Cahyanigrat Adhi Pratama salah satu peserta KKN yang menciptakan Winner 3in1 dari Fakultas Teknik, Semester 6 ini mengatakan bahwa harapannya dengan inovasi ini mampu meminimalisir media penularan serta membiasakan masyarakat untuk hidup bersih dan sehat.

“Inovasi ini merupakan teknologi tepat guna yang kami beri nama winner 3in1. Cuci tangan air sabun dan pengering tangan semuanya nenggunakan sensor otomatis yakni Infrared. Jadi tidak perlu ada sentuhan, selain mempermudah masyarakat untuk membiasakan diri hidup bersih dan sehat juga meminimalisir penularan Covid melalui sentuhan,” pungkas Adhi. [adg/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar