Pendidikan & Kesehatan

Cegah Covid-19

Wawancara Pendaftaran Sekolah Lewat Video Call

Sidoarjo (beritajatim.com) – Virus corona mulai menjangkit ke beberapa daerah, tak terkecuali Sidoarjo. Gubernur Jawa Timur pun mengeluarkan keputusan untuk mewajibkan pengawas sekolah, kepala sekolah, guru, dan tenaga pendidikan serta siswa mulai jenjang SD, SMP, sampai SMA/SMK bekerja/belajar di rumah.

Hal ini secara tidak langsung berpengaruh pada proses PPDB SMK Telkom Sidoarjo. Akhirnya, Kepala SMK Telkom Sidoarjo, Rahmat Dwi Djatmiko, bersama dengan Tim PPDB SMK Telkom Sidoarjo memutuskan untuk melakukan pendaftaran serta seleksi PPDB online sebagai salah satu solusi untuk memutus rantai penyebaran virus corona di wilayah Sidoarjo.

Pendaftaran secara online sebenarnya telah lama dilakukan oleh sekolah berbasis IT di Sidoarjo ini, mengingat peminat SMK Telkom Sidoarjo banyak yang berasal dari luar kota. “Iya, kami sudah memiliki aplikasi PPDB online untuk mempermudah proses pendaftaran bagi pendaftar luar kota, namun untuk seleksi tes akademik dan wawancara tetap kami lakukan dengan tatap muka. Tahun ini tantangan bagi kami,” kata Rahmat, Senin (6/4/2020).

Berbeda dengan tahun sebelumnya, dengan persiapan dalam waktu singkat, Minggu (5/4/2020) SMK Telkom Sidoarjo sukses melaksanakan seleksi PPDB. “Uji coba tes akademik online dengan aplikasi ini telah dilaksanakan dua kali, jadi kemungkinan nanti tidak akan terjadi kendala yang berarti,” jelas Ketua PPDB SMK Telkom Sidoarjo tersebut.

Selain tes akademik online, tes wawancara pada seleksi ini juga dilkasanakan melalui video call dengan memanfaatkan aplikasi whatsapps. Benar saja, tes akademik online yang diikuti peserta dari berbagai kota ini banyak mendapat respon positif.

Salah satunya dari Yasya Aryasuta, pendaftar dari SMP Negeri 5 Sragen Jawa Tengah, “Terus laksanakan tes akademik dan wawancara online ini, karena sangat memudahkan bagi pendaftar yang berdomisili di luar kota,” jawab Yasra.

Sependapat dengan Yasya, Shinta Putri dari SMP Negeri 34 Bekasi juga merasa dipermudah dengan adanya seleksi online ini. “Seleksi online di SMK Telkom Sidoarjo sangat membantu peminat dari luar kota. Soal tes yang diberikan juga sangat mengesankan, terutama pada soal logika yang menantang. Tadi ketika wawancara, saya sedikit gugup,” ungkapnya.

Tes akademik pada PPDB SMK Telkom Sidoarjo tahun ini terdiri atas 20 soal Matematika, 20 soal bahasa Inggris, dan 20 soal Tes Potensi Akademik. Sementara untuk tes wawancara, peserta diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan terkait kepribadian dan pengetahuan tentang jurusan Teknik Jaringan Akses, yang merupakan program keahlian di SMK Telkom Sidoarjo.

Hasil seleksi PPDB SMK yang berada di bawah Yayasan Pendidikan Telkom ini, diumumkan pada 7 April 2020 lewat website www.smktelkom-sda.sch.id dan Instagram @SMKTelkomSDA. “Meski harus melakukan seleksi di tengah pandemi, Alhamdulillah semuanya berjalan lancar, kami tidak menutup kemungkinan akan melakukan seleksi kembali untuk mencari talenta-talenta digital,” jelas Rahmat. [isa/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar