Pendidikan & Kesehatan

Wawali Sofyan Edi Bangga Siswa SMK Nasional Ciptakan Gas-Bike dan E-Bike

Wawali Sofyan Edi saat mencoba e-bike karya siswa SMK Nasional, Malang.

Malang (beritajatim.com) – Wakil wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko meresmikan prototype produk gas-bike dan e-bike karya siswa SMK Nasional, Malang, Sabtu (12/12/2020). Ada empat produk yang dilaunching dari sepeda eletrik atau e-bike dan gas bike diantaranya, MTB e-bike, City e-bike, Downhill e-bike dan Selly e-bike.

Sofyan Edi mengatakan, usaha peningkatan dan pengoptimalan potensi anak didik merupakan upaya untuk memberikan ruang agar siswa mengeksplorasi bakat yang dimiliki. Dia pun mengaku bangga karena siswa SMK Nasional mampu menciptakan produk berkualitas.

“Hari yang bersejarah karena di Kota Malang telah dilaunching e-bike maupun gas bike di SMK Nasional Malang. Semoga ini adalah awal yang baik dari akhir tahun 2020 ini,” kata Sofyaj Edi.

Sofyan Edi mengatakan, E-Bike diharapkan menjadi alternatif transportasi hemat energi dan ramah lingkungan di wilayah Kota Malang. Dia bahkan membuka peluang untuk kerjasama dengan Pemkot Malang karena e-bike dianggap potensial.

“Patroli antar kampung bisa dilakukan dengan menggunakan e-bike untuk menjaga keamanan ketertiban. Bisa juga dilakukan di kampung-kampung tematik, seperti kunjungan wisata lain di Malang, mulai dari Kayutangan Heritage, Kampung Warna-warni, Kampung Tridi, hingga ke Pasar Burung Splendid. E-Bike membuat udara semakin bersih dan hemat energi. Ini bisa jadi lahan usaha,” papar Sofyan Edi.

Sementara itu, Kelapa Sekolah SMK Nasional Malang, Muhammad Taufik mengatakan, sepeda yang mereka buat berbahan sepeda bekas namun untuk urusan kualitas mereka menjamin sepeda ini cukup baik. Inovasi yang dilakukan siswanya juga merupakan jawaban atas tantangan untuk bangkit di masa pandemi Covid-19.

“Kami memodifikasi, kami pasangkan part part kelistrikannya di frame sepeda bekas yang kami buat sedemikian rupa hingga tampak seperti sepeda baru. Teknologi elektrik yang digunakan yaitu teknologi batre litium 36 volt 12 ampere hingga 48 volt 12,5 ampere. Selain itu juga HUB atau motor penggerak berkapasitas 350 watt hingga 1000 watt. Juga sistem pengereman hingga suspensi mutakhir,” tandasnya. [luc/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar