Pendidikan & Kesehatan

Wartawan Kediri Bagikan Hand Sanitizer

Kediri (beritajatim.com) – Untuk mencegah penyebaran virus corona atau COVID-19 puluhan Wartawan di Kediri membagikan ratusan cairan pembersih tangan kepada para pengendara. Cairan antiseptik yang dibuat dari dana donasi bersama ini diharapkan dapat berguna bagi warga untuk menjaga kebersihan diri.

Sedikitnya 200 botol cairan antiseptikyang diberikan kepada para pengendara motor dan mobil. Cairan pembersih tangan ini buatan para jurnalist.

Selain pembagian tersebut, para jurnalis juga menggelar diskusi dengan dokter ahli mengenai pencegahan penyebaran virus corona.

Hari Triwasono, perwakilan wartawan mengatakan, diharapkan dengan adanya pembagian ini dapat menjadi solusi langkanya cairan pembersih tangan di pasaran.

“Kami berharap warga dapat menggunakan cairan antiseptik gratis itu untuk menjaga kebersihan diri, sehingga dapat mencegah penyebaran virus COVID 19,” kata Hari Triwasono.

Masih kata jurnalis tempo ini, dalam aksi tersebut wartawan Kediri juga berkomitmen. Ada beberapa poin yang disepakati bersama.

1. Berkomitmen untuk tidak membuat berita yang memicu kecemasan masyarakat terkait wabah Corona.

2. Membangun kepercayaan publik kepada negara untuk menangani wabah Corona, sekaligus meminta keterbukaan informasi tentang langkah penanganan Corona secara terbuka, akurat, dan cepat.

3. Mengkampanyekan hidup sehat kepada masyarakat, dan membangun optimisme untuk melewati masa krisis dengan baik.

4. Mengajak masyarakat untuk tidak memproduksi, menyebarkan, dan mempercayai informasi palsu (HOAX) tentang Corona

“Terima kasih kepada kawan-kawan wartawan Kediri yang telah mendonasikan uang, tenaga, dan pikiran untuk pembuatan handsanitizer yang kita produksi sendiri, dan dibagikan kepada masyarakat,” ucapnya.

Hingga kini wilayah Kediri masih belum ada pasien yang positif virus corona, namun 41 orang kini masuk kategori orang dalam risiko. Dinas Kesehatan Kota Kediri mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak panik dalam mengahadapi virus corona. [nm/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar