Pendidikan & Kesehatan

Warga Sumenep Ikuti Rapid Test di Pelabuhan Kalianget

Sumenep (beritajatim.com) – Seluruh penumpang kapal yang akan ke wilayah kepulauan dari Pelabuhan Kalianget Sumenep wajib mengikuti rapid test yang diselenggarakan gratis oleh Pelindo III bekerja sama dengan kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kalianget.

“Rapid test ini gratis bagi semua penumpang kapal dari Pelabuhan Kalianget, baik yang akan ke kepulauan maupun ke jangkar. Terus terang kami sangat terbantu dengan kegiatan ini,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Sumenep, Kusmawati, Kamis (4/6/2020).

Menurutmya, rapid test memang sangat diperlukan sebagai bentuk kewaspadaan dini dan screening awal untuk mengetahui seseorang terinfeksi virus atau tidak. “Dari ratusan penumpang ke wilayah kepulauan yang sudah di rapid test, Alhamdulillah hasilnya semua non reaktif. Jadi tidak ada penumpang kapal yang terpapar virus,” ujarnya.

Sementara General Manager Pelindo III Kalianget, Retno Pujianto menjelaskan, pihaknya secara serentak memang menyediakan rapid test gratis bagi para penumpang kapal. Total sebanyak 50.000. Untuk Kabupaten Sumenep, kuota rapid test yang disediakan sebanyak 3500 orang.

“Kalau dalam tiga hari jatah rapid test 3500 itu habis ya kami stop. Tapi kalau masih sisa, maka akan kami fungsikan di daerah sekitar Pelabuhan Kalianget,” terangnya.

Ia menambahkan, sesuai hasil koordinasi dengan gugus tugas Covid-19, apabila ditemukan ada hasil yang reaktif, maka akan langsung diserahkan ke Dinas Kesehatan untuk penanganannya. Penumpang kapal yang mengikuti rapid test diantaranya adalah penumpang kapal ke Pulau Raas, kemudian ke Jangkar Situbondo, serta penumpang kapal ke Pulau Masalembu. [tem/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar