Pendidikan & Kesehatan

Warga Roomo Manyar Kaget, Saluran Air Berwarna Oranye

Gresik (beritajatim.com) – Warga Desa Roomo, Kecamatan Manyar, Gresik, khususnya yang berada di Jalan Bali Perumahan Gresik Kota Baru (GKB), dibikin kaget. Saluran airnya tiba-tiba berwarna oranye.

Melihat kejadian tersebut, warga setempat langsung melaporkan kejadian tersebut ke Kepala Desa (Kades) Roomo.

“Iya memang benar ada saluran air yang mengarah ke Jalan Bali Perum GKB berwarna oranye. Cairan itu berasal dari gudang I PT Petrokopindo Cipta Selaras (PCS) yang membuang cairan pewarna pupuk ke saluran,” ujar Kades Roomo Rusdiyanto, Kamis (30/01/2020).

Lebih lanjut Rusdiyanto menuturkan, setelah ditelusuri dan ditindaklanjuti, petugasnya menemui Fauzi selaku Kepala Gudang PT PCS. Dari hasil pertemuan tersebut serta didampingi pengurus Badan Perwakilan Desa (BPD) Roomo, sepakat saluran air yang tercemar tersebut dalam waktu dekat segera dibersihkan.

“Sudah ada kesepakatan akan segera dibersihkan dan ini sudah dilaporkan ke pihak PT PCS,” tuturnya.

Secara terpisah, Direktur Operasional PT Petrokopindo Citra Selaras (PCS), Mardada berdalih pewarna yang mengaliri seluran air itu merupakan sisa atau bekas pakai yang sudah habis ditempatkan di pojokan gudang. Karena musim hujan, air masuk lagi ke dalam drum seolah-olah penuh. Akhirnya tumpah dan saat itu, tidak ada orang di lokasi.

“Ada satu atau dua drum yang tumpah, dan saya jamin tidak berbahaya,” pungkasnya. [dny/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar