Pendidikan & Kesehatan

Warga Ponorogo Ini Ciptakan Alat Fogging Sederhana

Ahmad Masruri Ciptakan Alat Fogging Sederhana

Ponorogo (beritajatim.com) – Musibah penyakit demam berdarah yang melanda Ponorogo seperti sekarang ini dimanfaatkan warga setempat untuk menciptakan alat fogging (pengasapan).

Ahmad Masruri menciptakan alat fogging sederhana yang dibuatnya dan laris manis dipesan banyak orang. Inisiatif untuk membuat alat fogging berawal saat Ahmad Masruri melihat tetangganya terjangkit virus dengue itu.

Kebetulan ada petugas dari Dinkes yang melakukan fogging di sekitar rumah tetangganya tersebut. Dia melihat petugas mencampurkan obat dengan solar. Dari situlah diketahui cairan yang digunakan untuk fogging.

“Awal membuatnya sih untuk pribadi, tapi ternyata banyak yang pesan jadi kami membuatnya,’’ katanya saat ditemui beritajati.com, Jumat (8/2/2019).

Ruri sapaan akrabnya mengungkapkan untuk membuat alat fogging ciptaanya tersebut bahan-bahannya mudah didapatkan.

Dia hanya memerlukan pipa tembaga bekas AC, gas gun, pompa sprayer, gas portabel dan selang.

Cara membuatnya pipa tembaga tersebut dihubungkan ke pompa sprayer menggunakan selang. Pipa tersebut juga dihubungkan ke gas portable melalui gas gun.

Nah dengan gas gun itulah yang akan memanasi pipa tembaga tersebut sehingga cairan berupa campuran Malation dan solar di pompa spray berubah menjadi asap.

‘’Sistem kerjanya seperti alat vape yang biasa digunakan pengganti rokok itu,’’ katanya.

Meski pesanan berdatangan dia mengaku belum mampu menerima semuanya. Dia mempunyai keinginan untuk memproduksi massal setelah menyempurnakan alat yang dia ciptakan tersebut.

Rencananya gas portabel yang dipakai diganti dengan tabung gas LPG 3 kg. Karena gas portabel itu sulit didapatkan. Selain itu harganya juga lumayan mahal. [end/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar