Pendidikan & Kesehatan

Warga Indonesia di Wuhan dan Hubei Dijemput Malam Ini

Beberapa mahasiswa Unesa yang menerima beasiswa di Wuhan

Surabaya (beritajatim.com) – Beberapa mahasiswa Indonesia, termasuk mahasiwa dari Universitas Negeri Surabaya (Unesa) yang saat ini berada di Wuhan Cina, tengah dalam proses persiapan evakuasi untuk kembali ke Indonesia, Jumat (31/1/2020).

Dikabarkan oleh Vinda Maya Setyaningrum, Humas Unesa, saat ini tim dari KBRI tengah melakukan briefing terkait proses pemulangan mereka kembali ke tanah air.

“15 menit yang lalu, kami telepon mereka katanya pihak KBRI sudah datang dan saat ini tengah diadakan briefing untuk SOP keselamatannya,” ujar Vinda.

Proses evakuasi ini akan dilangsungkan kurang dari 24 jam dari sekarang. Saat ini mereka juga sedang menunggu tim penjemputan atau evakuasi.

Tim Evakuasi Wuhan KBRI Beijing sudah berangkat menuju Changsha untuk kemudian melanjutkan jalan darat ke Wuhan dan dari Wuhan kembali ke Indonesia.

Penjemputan dilakukan menggunakan Pesawat Airbus. Berangkat dari Jakarta pukul 24.00 WIB malam ini. Tidak hanya mahasiswa yang dipulangkan ke Indonesia tetapi juga WNI yang berkerja di sana.

WNI yang ada di 5 titik atau daerah akan di kumpulkan di bandara di Wuhan. Pesawat sipil digunakan agar bisa mengangkut 243 WNI yang berada di Hubei dan Wuhan.

“Tidak menggunakan pesawat TNI, pakai pesawat sipil biar bisa mengangkut semua WNI dalam sekali jalan. Semoga semua proses evakuasi berjalan dengan lancar dan Allah SWT melindungi mereka semua. Aamiin, aamiin, aamiin YRA,” harapnya.

Rencananya mereka akan transit di Jakarta untuk pemeriksaan medis. Ada tiga rumah sakit besar yang tengah siap sedia menangani kasus virus corona ini di Jakarta, tetapi kepastiannya masih menunggu info lebih lanjut. [adg/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar