Pendidikan & Kesehatan

Warga di Malang Bisa Manfaatkan Bilik Sikat Corona Untuk Cek Kondisi Tubuh

Bilik screening Sikat Corona di Balaikota Malang.

Malang(beritajatim.com) – Pemerintah Kota Malang membuat alat sterilisasi tubuh bernama SiCo atau sikat corona. Alat ini bekerja dengan cara menyemprot desinfektan untuk mematikan bakteri demi mengantisipasi penyebaran wabah virus corona Covid-19.

“Modelnya seperti bilik screening. Melalui Tim Percepatan Pembangunan yang dimotori Profesor M. Bisri bekerjasama dengan Fakultas Teknik Universitas Brawijaya untuk membuat alat ini,” kata Wali Kota, Malang, Sutiaji, Kamis,(19/3/2020).

Sutiaji mengatakan, alat ini bisa dimanfaatkan untuk mematikan bakteri di perkantoran maupun di ruang publik. Alat ini akan diproduksi sebanyak 50 unit, dan dipasang di titik-titik keramaian di Kota Malang.

“Rencananya akan efektif digunakan pada Jumat 20 Maret 2020. Dengan spirit, semua pihak gotong royong, gerak cepat, maka Minggu ini kita produksi 50 unit, dan ditahap awal akan dipasang 20 unit di titik-titik keramaian dan pelayanan di Kota Malang,” papar Sutiaji.

Selain itu, Pemkot Malang juga akan melaunching aplikasi Malang Corona Detector. Aplikasi ini didesain untuk dua fungsibyakni untuk mengumpulkan databased warga Malang yang beresiko terinfeksi Covid-19 dan memudahkan melakukan tracking.

“Serta sebagai deteksi dini atau check up atau penapisan mandiri oleh masyarakat. Apakah dia terkena Covid-19 dan perlu melakukan tindak lanjut,” tandasnya. (luc/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar