Pendidikan & Kesehatan

Warga Desa dari Perantauan Diwajibkan Bawa Surat Keterangan Sehat

Gresik (beritajatim.com) – Warga desa yang merantau diwajibkan membawa surat keterangan sehat dari Puskesmas atau rumah sakit. Itulah bunyi kalimat yang ditempel di papan di Desa Tambak Beras, Kecamatan Cerme, Gresik.

Kepala Desa (Kades) Tambak Beras Wahyudi mengatakan, sesuai petunjuk dan arahan dari Pemkab Gresik terkait pemberlakuan psysical distancing. Warga yang habis merantau diwajibkan membawa surat keterangan sehat imbas merebaknya virus Covid-19.

“Selain surat keterangan sehat, di tempat kami area masuk keluar warga diportal sebagai upaya sterilisasi. Setiap warga yang melintas kami periksa suhu tubuhnya. Diukur suhunya pakai thermo gun, dan wajib mencuci tangan pakai hands sanitizer,” katanya, Kamis (2/04/2020).

Ia menambahkan, desanya memang memberlakukan psysical distancing. Dirinya juga mengimbau warganya tetap di rumah jika tidak ada keperluan.

“Selama memberlakukan psysical distancing tidak kendala, dan aturan ini sudah berlaku selama dua minggu lalu. Warga pun mendukung,” imbuhnya.

Menanggapi hal ini, Camat Cerme Suyono mengapresiasi apa yang dilakukan oleh warga Desa Tambak Beras.

“Saya mendukung kegiatan warga desa tersebut. Sebab, secara langsung mendukung pencegahan penyebaran virus Covid-19 secara mandiri,” tandasnya. [dny/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar