Pendidikan & Kesehatan

Warga Blitar Positif COVID-19 Dirujuk ke Kediri

Kepala Bidang Pencegahan Pemberantasan Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar Krisna Yekti, SKM, MMKes

Blitar (beritajatim.com) — Satu pasien yang positif virus Corona atau COVID-19 asal Blitar dirujuk ke RSUD Kabupaten Kediri di Pare. Pasien seorang perempuan berusia 38 tahun. Pasien sehari-hari tinggal di Bogor, namun KTP Kabupaten Blitar Kecamatan Nglegok.

Pemerintah Kabupaten Blitar melalui juru bicara penangananCovid-19 Kabupaten Blitar, membenarkan pernyataan tersebut setelah adanya konfirmasi dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur pukul 16.22 WIB.

Juru bicara Kepala Bidang Pencegahan Pemberantasan Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar Krisna Yekti, SKM, MMKes membeberkan kronologinya. Pasien baru pulang dari Bogor Jawa Barat pada 20 Maret 2020.

Pasien menumpang transportasi kendaraan pribadi sampai di Blitar pukul 07.30 WIB. Kemudian langsung menuju rumah orang tuanya di Kecamatan Kepanjen Kidul, Kota Blitar.

“Saat di Bogor, pasien sejak tanggal 11 Maret 2020 sudah merasa sakit, lalu pukul 17.00 WIB pasien memeriksakan diri ke RS Syuhada’ Haji,” bebernya.

Pukul 21.00 WIB pasien dirujuk ke RSI Aminah. Kemudian Sabtu dirujuk ke RSUD Kabupaten Kediri di Pare untuk pemeriksaan lebih lanjut. Pada Minggu sore diketahui hasil pemeriksaaan positif covid-19. Saat ini pasien berada di RSUD Kabupaten Kediri di  Pare.

Dijelaskan Krisna Yekti, langkah-langkah yang diambil Pemerintah Daerah dalam kasus ini antara lain, mengadakan pelacakan kontak erat dengan pasien. Menganjurkan kontak erat mengisolasi diri selama 14 hari. Pemantauan terus dilakukan selama 14 hari. [nm/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar