Pendidikan & Kesehatan

Warga Binaan Dinsos Sidoarjo Jalani Rapid Test

Sidoarjo (beritajatim.com) – Ratusan warga binaan Dinas Sosial Jawa Timur yang menghuni Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) Sidoarjo Jalan Pahlawan Sidoarjo menjalani rapid tes.

Pendeteksian penyakit secara dini ini dilakukan setelah adanya pegawai UPT Dinsos Jawa Timur yang reaktif setelah dilakukan rapid test.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur, dr. Alwi mengatakan kegiatan rappid tes untuk warga binaan ini dilakukan secara serentak di UPT Dinsos se-Jawa Timur.

Ini juga instruksi Gubernur Jawa Timur dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 baik dilingkungan ASN, non ASN maupun warga binaan dinsos.

“Ada 35 UPT Dinsos, dengan total warga binaan kurang lebih mencapai 4000 an. Kebetulan disini cuma 150 warga binaan,” katanya usai menghadiri peresmian Tim Tagana dalam melakukan penyemprotan desinfektan di seluruh UPT se-Jatim, Selasa (7/7/2020).

Alwi menambahkan, pemeriksaan diri atau rapid tes memang ini diperlukan untuk mengetahui secara pasti penyebaran Covid-19 di lingkungan masyarakat. Sehingga hal itu lebih cepat memutus mata rantai penyebaran covid-19.

“Kebetulan dari beberapa teman kita reaktif, termasuk mereka yang ada di UPT dan melayani klien (warga binaan red,),” tukasnya.

Dia mengkhawatirkan, hal itu berdampak pada sebaran Covid-19 di lingkungan UPT. Terlebih, jika hasilnya swab-nya nanti positif. Sehingga hari ini dilakukan upaya penyemprotan desinfektan yang melibatkan Tim Tagana disemua UPT Dinsos Jawa Timur.

“Kami bekerjasama dengan Tagana untuk melakukan penyemprotan desinfektan disemua UPT yang ada. Termasuk membantu rapid tes yang digelar hari ini,” jelasnya.

Masih kata Alwi, selain dilakukan penyemprotan desinfektan dan rappid tes dilingkungan Dinsos, pihaknya mengaku sudah lama menghentikan komunikasi antara pegawai maupun klien dengan pihak luar untuk memutus penyebaran Covid-19. Terutama keluarga binaan. “Jadi, sejak awal kita hentikan. Tidak menerima tamu dan kunjungan,” jelasnya.

Warga binaan Dinsos merupakan warga pemerlu dalam layanan kesejahteraan sosial. Mereka ditempatkan diberbagai UPT. Mulai dari UPT Psikotik, UPT Anak, Lansia, hingga UPT Remaja. Meski tidak mudah, diharapkan dengan adanya rapoid tes ini bisa menekan angka sebaran Covid-19 di Jawa Timur. (isa/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar