Pendidikan & Kesehatan

Wali Kota Kediri Serahkan Penghargaan Germas Award 2019

Kediri (beritajatim.com) – Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar menyerahkan penghargaan Germas Award 2019, Kamis (5/12/2019) bertempat di Ballroom Lotus Garden. Germas Award ini baru pertama kali dilaksanakan di Kota Kediri. Acara ini diawali dengan senam peregangan yang diikuti seluruh tamu undangan.

Dalam sambutannya, Abdullah Abu Bakar mengapresiasi gelaran Germas Award ini. “Saya senang sekali bisa hadir disini. Ini acara sangat bagus. Semoga kedepan lebih bagus dan lebih keren lagi acara ini,” ujarnya.

Pria yang populer disapa Mas Abu ini menghimbau agar tempat kerja dibuat bagus dan nyaman. Kesehatan berbanding lurus terhadap tingkat produktivitas kerja. “Tempat kerja itu harus enak dan sehat. Jadi akan ada loncatan-loncatan tidak stagnan begitu saja. Belajarpun tidak harus di dalam ruangan. Sekali-kali bisa dibawah pohon,” jelasnya.

Dalam kesempatan ini, Mas Abu juga berharap agar para pemenang dalam Germas Award ini dapat menginspirasi instansi-instansi lainnya untuk memulai gerakan hidup sehat. “Kalau ruangan panjenengan diperbaiki dan menjadi lebih baik dan nyaman maka akan dapat menarik perekonomian. Jadi perekonomian ini tidak lari kemana-mana,” pungkasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kota Kediri dr. Fauzan Adima mengatakan tujuan dilaksanakan Germas Award ini untuk memberikan apresiasi bagi instansi yang melakukan Germas. Serta mengedukasi untuk selalu melakukan Germas. “Dari data riset kesehatan terakhir ada peningkatan signifikan bagi penderita penyakit stroke, diabetes, dan sejenisnya. Hal ini disebabkan kurang gerak. Makanya tadi diajak senam peregangan. Supaya aliran darah dari otak sampai kaki lancar,” jelasnya.

Pada Germas Award ini terdapat beberapa kategori lomba. Untuk Musala Sehat diraih oleh Musala At-Taqwa Kelurahan Campurejo sebagai juara I, Musala Al-Amin Kelurahan Jamsaren sebagai juara II, Musala An-Nahdloh Kelurahan Manisrenggo sebagai juara III, Musala Al-Aqmal Kelurahan Mrican sebagai juara harapan I, Musala Al-Barokah Kelurahan Betet sebagai juara harapan II, dan Musala At-Tin Kelurahan banaran sebagai juara harapan III. Pada kategori kelurahan, juara I berhasil diraih Kelurahan Ringinanom, juara II diraih Kelurahan Singonegaran, juara III diaraih Kelurahan Kampung Dalem, juara harapan I diraih Kelurahan Jamsaren, juara harapan II diraih Kelurahan Betet, dan harapan III diraih Kelurahan Dandangan.

Kategori BUMN/BUMD keluar sebagai juara I adalah Bank Jatim, juara II Bank BRI, juara III PG Meritjan, juara harapan I PT. PLN, juara harapan II Bulog, dan juara harapan III Askrindo. Sementara dalam kategori instansi swasta, Hotel Grand Surya menjadi juara I, Uniska juara II, Hotel Lotus Garden juara III, Bank Muamalat juara harapan I, Wanaartha Life sebagai juara harapan II, dan Honda Pacific Motor juara harapan III. Lalu pada kategori instansi pemerintah juara I diraih BKPPD Kota Kediri, juara II Kantor Bea Cukai Kediri, juara III DLHKP Kota Kediri, juara harapan I Kecamatan pesantren, juara harapan II Bagian Administrasi Pembangunan, dan juara harapan III Dispendukcapil Kota Kediri.

Untuk juara umum Germas Award 2019 berhasil diraih BKPPD Kota Kediri. Berhasilnya BKPPD menjadi juara umum karena telah memenuhi semua unsur Germas. Yakni aktivitas fisik, makan sayur dan buah serta cek kesehatan rutin. Istimewanya selain memenuhi unsur tersebut di BKPPD juga memiliki ruang konsultasi kesehatan yang terdapat psikolog dan juga rutin melakukan senam peregangan. [adv humas/nng]

Apa Reaksi Anda?

Komentar