Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Wali Kota Kediri Lepas Kontingen Aksi Pramuka Peduli Semeru Tahap III

Kediri (beritajatim.com) -Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar melepas kontingen Aksi Pramuka Peduli Semeru Tahap III, Rabu (18/5/2022) di Ruang Joyoboyo Balai Kota Kediri. Sebanyak 32 personil akan diberangkatkan ke Kabupaten Lumajang. Dalam aksi ini personil Pramuka akan membantu membangun hunian sementara dan hunian tetap bagi korban erupsi Gunung Semeru.

“Saya bangga sekali kontingen Pramuka Kota Kediri bisa membantu meringankan beban masyarakat di Lumajang. Nantinya akan membangun hunian sementara dan hunian tetap. Ini hal yang sangat luar sekali,” ujarnya.

Wali Kota Kediri juga selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kota Kediri mengungkapkan, kegiatan ini sesuai dengan Dasa Darma khusunya kedua yaitu cinta alam dan kasih sayang sesama manusia, serta Dasa Darma kelima yaitu rela menolong dan tabah. Pada tahap sebelumnya Pramuka Kota Kediri juga telah mengirimkan bantuan sebanyak 153 juta dan mengirimkan personil selama sepekan di Lumajang.

“Saya harap ini bisa melatih adik-adik untuk team work. Sebab nanti di sana banyak orang bekerja. Nanti di sana bisa juga dekati anak kecil untuk meringankan beban. Ajak mereka bermain biar agar traumanya hilang,” ungkapnya.

Abdullah Abu Bakar juga berpesan agar personil Pramuka selalu menjaga nama baik Kota Kediri. Wali kota yang akrab disapa Mas Abu ini yakin personil Pramuka bisa menyelesaikan tugas dengan baik. Apalagi personil Pramuka telah terbiasa dengan alam dan membantu sesama.

“Kita menjaga sikap dan mencoba menjadi problem solver disana. Sambil belajar disana bagaimana kondisi masyarakat sesungguhnya. Memang Pramuka yang bisa menyelesaikan ini. Apabila ada kendala tolong disampaikan. Kami akan membantu semaksimal mungkin,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Harian Kwartir Cabang Kota Kediri Marsudi mengungkapkan rencananya akan ada 1916 hunian yang akan dibangun. Gerakan Pramuka Kwrda Jatim diberi kesempatan menyiapkan relawan untuk membangun 50 unit rumah. Kloter I sebanyak 20 kontingen adalah Kwarcab yang ada di Provinsi Jatim dan sudah dilaksanakan.

Kloter II peserta dari Kwarcab yang ada di Jatim yang dilaksanakam saat bulan Ramadhan lalu. Kloter III yang akan diberangkatkan ada 20 kontingen terdiri dari 15 Kwarcab di Jatim dan 5 Kwarcab dari Jawa Tengah.

“Di kloter ketiga Kota Kediri termasuk dalam 15 Kwarcab di Jatim. Jumlah keseluruhan dari Kota Kediri yang akan berangkat ada 32 personil. Terdiri dari penegak dan pandega,” ungkapnya.

Pada kegiatan ini juga diserahkan alat bakti kepada kontingen. Diantaranya, sekop, bor listrik, gerinda portable, dan gergaji kayu. Turut hadir dalam acara ini Ketua Kwarcab Kota Kediri, Ketua Majelis Pembimbing Saka Wanabakti, Ketua Majelis Pembimbing Saka Pariwisata, perwakilan Ketua Majelis Pembimbing Saka Wira Kartika, perwakilan Ketua Majelis Pembimbing Saka Bhayangkara, para Ketua Saka, Instruktur Saka dan Pamong Saka. [nm/kun]


Apa Reaksi Anda?

Komentar