Pendidikan & Kesehatan

Wakil Rektor: Pilar Penting Unair Masuk 500 World Class University (WCU) Adalah Alumni

Wakil Rektor 4, Junaidi Khotib

Surabaya (beritajatim.com) – Bertepatan dengan HUT ke 47 Ikatan Alumni (IKA) Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Sabtu (16/11/2019) Warek 4, Junaidi Khotib mengatakan bahwa Unair akan selalu mendukung para alumninya untuk terus berkarya dan memiliki kemanfaatan di masyarakat.

Hal tersebut ia sampaikan saat pembukaan HUT yang bertajuk Color Of Unair, ia mengaku optimis setidaknya dari tahun ke tahun kualitas alumni Unair akan semakin baik dan bersinar. “Salah satu pilar penting terwujudnya cita cita Unair masuk ke 500 World Class University (WCU) adalah alumni,” ungkap Junaidi.

Junaidi mengatakan Unair selalu mendukung al umninya. Unair dan alumni bukan merupakan hal yang sangat terpisahkan meskipun organisasi yang berbeda tapi di sana ada simbol-simbol untuk mencapai tujuan yang sama. Oleh sebab itu tentu alumni merupakan bagian dari pengembangan dari Universitas. “Karena kalau kita lihat di dalam Universitas itu bagaimana mendorong mahasiswa untuk berprestasi mendorong mereka untuk mampu menyelesaikan studi dan mengembangkan karakter.Kalau di luar kampus Unair ini sangat tergantung kepada alumninya,” terangnya.

“Bagaimana alumni dapat berkiprah karena itu wajahnya Unair. Kalau alumni ini berkiprah sangat baik di masyarakat maka wajah Unair juga akan baik,” tambahnya.

Unair juga selalu menjaga komunikasi dan kolaborasi yang baik dengan alumni dengan cara mendorong para alumninya bisa berprestasi dan memberikan manfaat kepada masyarakat dimana pun berada.

“Baik mereka mengembangkan karir partai politik, di interpreneur, di keilmuan.Unair tentu mendukung dan mendorong jadi untuk bentuk dukungan tentu kalau kita lihat pada para alumni kita membekali dengan dengan cukup berupa akademik tapi dengan pengembangan karakter tentu ini harus selalu di-update selalu ditingkatkan,” jelas Junaidi.

Bentuk nyata dukungan Unair terhadap al umninya adalag pengembangan jejaring. Unair memfasilitasi pembangunan jejaring dengan alumni di seluruh dunia dan di seluruh Indonesia oleh sebab itu ada x
center atau pusat-pusat IKA di beberapa wilayah di Indonesia. Pusat pusat IKA di negara lain seperti di Malaysia, Australia dan Rusia. “Universitas terus mendorong dan menjaga networking ini berjalan dengan baik,” tambahnya.

Kemudian kegiatan-kegiatan IKA juga difasilitasi oleh Unair dalam bentuk dukungan fasilitas dan kemitraan. “kalau dalam bentuk material mereka sudah mampu sendiri,” katanya.

Sebanyak kurang lebih 5000 alumni hadir hari ini untuk mengikuti serangkaian acara HUT IKA Unair, seperti Mlaku Bareng dan bakti sosial yang diadakan besok. Untuk kegiatan bakti sosial IKA pun mendapat dukungan berupa fasilitas, bahan-bahannya kedokteran, dokternya dan bagaimana merengkuh masyarakatnya.

Selain itu, Universitas juga sedang konsen dalam mendukung alumni baru yang notabene belum berpengalaman dan minim jejaring. Salah satu yang diberikan Unair adalah pelatihan di PPKK. Selain itu juga ada LBPI yang telah memiliki 52 startup dari mahasiswa aktif saat ini. “Kita berikan fasilitas networking. Selain itu kita harapkan Uniar punya rumah singgah bagi Ika di luar kota sehingga ada tempat singgahnya,” ujar Junaidi.

Saat ini Unair memang memiliki beberapa rumah singgah alumni di beberapa daerah tetapi dalam naungan fakultas. Hampir ditiap kota besar ada rumah singgah milik fakultas terutama FK, FEB, dan Fakultas Farmasi. Rumah singgah ini selain untuk menampung alumni yang sedang mencari kerja, juga sebagai pusat informasi dan kemitraan yang dapat dimanfaatkan alumni baru yang sedang mencari kerja.

Iapun mengatakan bahwa saat ini Unair sedang mengupayakan Rumah Singgah Alumni Unair yang dinaungi langsung oleh Universitas. Harapannya tahun 2020 proyek tersebut sudah dapat direalisasikan. “Di Jakarta sebenarnya sudah ada gedungnya yang milik universitas tapi belum layak. Di jalan Kyai Tapa. Harapannya itu bisa segera diperbaiki dan digunakan secepatnya pada tahun depan,” pungkas Junaidi. [adg/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar