Pendidikan & Kesehatan

Wagub Jatim: Poskesdes di Bangkalan Jadi Percontohan Penanganan Covid-19

Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak kunjungi Poskesdes di Bangkalan, Minggu (11/7/2021).

Bangkalan (beritajatim.com) – Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak, mengunjungi Desa Rosep Kecamatan Blega, Kabupaten Bangkalan, guna bertemu dengan Munawar salah satu pengurus Asosiasi Kepala Desa (AKD) Jatim, untuk membahas penanganan Covid-19.

Dalam pertemuan tersebut, Wakil Gubernur mendapat saran untuk memaksimalkan fungsi Pos Kesehatan Desa (Poskesdes) sebagai tempat pertama penanganan Covid-19, terutama bagi warga di desa. Sebab, banyak masyarakat yang takut ke rumah sakit, dikarenakan takut diCovidkan.

“Nah ini tadi ada masukan yang sangat baik dari AKD Jatim, terkait memaksimalkan pos kesehatan desa sebagai tempat penanganan pertama Covid 19,” jelas Wakil Gubernur Jatim, Minggu (11/7/2021).

Munawar juga menjelaskan bahwa keberadaan Poskesdes akan membantu beban rumah sakit terutama dalam mengurangi kapasitas bed di rumah sakit.

“Di Desa Rosep ini memiliki Pos Kesehatan Desa beserta tenaga kesehatan dan fasilitas penunjangnya, usulan dari kami bisa mengurangi kapasitas bed di rumah sakit,” ungkapnya.

Sejalan dengan apa yang disampaikan Munawar, Wagub yang juga Ketua Ikatan Persaudaraan Haji (IPHI) Jatim tersebut berharap pemanfaatan Poskesdes bisa segera diwujudkan agar menjadi percontohan bagi desa lainnya.

“Saya berharap dari pertemuan ini mampu menjadi contoh bagi desa lain,” ujarnya.

Pemanfaatan Poskesdes tersebut ternyata juga mendapat dukungan dari Kepala Dinas Kesehatan Jawa Timur.

“Tadi saya dan AKD Jatim sudah mendapat penjelasan secara langsung melalui telepon terkait pemanfaatan Pos Kesehatan Desa untuk penanangan awal Covid 19,” ungkapnya.

“Bu Kadinkes berpesan, virus ini sangat cepat menyebar sehingga kelengkapannya harus tersedia mulai dari APD, oxymeter dan kelengkapan lainnya,” lanjutnya.

Suami Arumi Bachsin tersebut juga berpesan agar setiap desa yang ada di Jawa Timur mampu memastikan masyarakat tidak kekurangan bahan pangan di tengah PPKM darurat ini.

“Pencairan dana desa tahap 2 agar ada sumber daya untuk memenuhi kebutuhan pangan warga yang memerlukan di kala PPKM darurat, Jangan sampai ada masyarakat yang kelaparan, kami berharap dana desanya dimanfaatkan semaksimal mungkin,” pesannya.

Orang nomor dua di Jawa Timur tersebut juga sempat meninjau langsung Poskesdes untuk melihat kesiapan dan kelengkapan untuk menangani pasien Covid-19.

“Kami tadi sempat mengecek kelengkapan fasilitasnya sekaligus tadi mencoba oxymetre saya tadi hasilnya 98% ini kalau pak ketua AKD ini 96%,” tuturnya.

Sementara itu, Pihak Poskesdes Hasmi Fadillah menyampaikan kesiapan Poskesdes dalam melayani pasien Covid-19.

“Kami sudah dilatih dan siapkan untuk memberikan pelayanan kesehatan, termasuk untuk Covid 19,” ujarnya.

Sebelum meninggalkan Bangkalan, Wagub Emil juga sempat membaca surat pernyataan yang ada di Poskesdes Desa Rosep.

“Surat pernyataan ini jangan dijadikan alasan ponkesdes tidak berani melayani pasien, Nah disinilan ada keterangan dapat menangani pasien dalam keadaan emergency. Namun harus tetap dikabarkan ke Puskesmas setempat agar dapat terdata dan jangan didiam disini,” tutupnya. [sar/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar