Pendidikan & Kesehatan

Wagub Jatim Ajak Komnasdik Lawan Kecurangan Penerimaan Siswa Baru

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak

Surabaya (beritajatim.com) – Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak, mengajak Komisi Nasional Pendidikan (Komnasdik) Jawa Timur melawan kecurangan penerimaan siswa baru. Hal itu disampaikan Emil pada acara Pelantikan Pengurus dan Pengukuhan Staf Milenial Komnasdik Jawa Timur, Sabtu (6/3/2021).

“Penting sekali, Komnasdik sebagai entitas yang berintegritas membantu sistem pendidikan terjaga agar tidak lagi terjadi kecurangan.” jelas Emil.

Emil bersyukur bahwa Komnasdik Jawa Timur menjadi salah satu Komnasdik yang paling aktif di Indonesia. “Maka kami pemerintah provinsi bersyukur Komnasdik Jawa Timur menjadi salah satu yang paling aktif di Indonesia. Bukan hanya untuk memberikan kritik, tapi juga kami butuh legitimasi dan kebijakan kita. Kami butuh mitra karena kebijakan pendidikan tidak bisa berdiri secara otoriter,” jelas Emil.

Di era saat ini, kata Emil, jangan seperti peribahasa tong kosong, malah yang tidak ada isinya nyaring bersuara di sosial media. Mereka yang seperti itu malah mempengaruhi keseluruhan diskursus dalam dunia pendidikan.

“Yang bicara malah bukan yang pakar. Maka untuk menguatkan posisi Komnasdik sebagai entitas ini maka komnasdik harus hadir di tengah masyarakat,” katanya.

Dengan hadir di masyarakat, generasi millennial ini bisa membantu memberikan masukan maupun menyampaikan apa yang dikehendaki masyarakat soal sistem pendidikan. Selain itu, juga dapat memberi masukan kepada pemerintah terkait sistem pendidikan yang telah berjalan.

“Termasuk soal pembangunan karakter, teman teman staf millennials bisa membantu sampaikan kritik dan saran kepada kami,” ujarnya.

Apalagi ketika ada proses penerimaan siswa baru Komasdik harus mengambil porsi untuk mendorong transparansi penerimaannya.

“Berapa yang berbasis zonasi dan berapa yang berbasis akademi, ini harus transparan. Berbasis KK, tapi KK nya harus kandung. Yang bukan kandung kita cek dulu, case by case dan harus transparan. Penting sekali, Komnasdik sebagai entitas yang berintegritas membantu sistem ini terjaga,” tutupnya. [suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar