Pendidikan & Kesehatan

Wagub Emil: Perawat Tulang Punggung Atasi Pandemi Covid-19

Surabaya (beritajatim.com) – Perawat merupakan salah satu tenaga kesehatan yang memegang peranan penting dalam meningkatkan derajat kesehatan dan merupakan tulang punggung dalam menghadapi pandemi Covid-19.

“Perawat saat ini menjadi tulang punggung dan garda terdepan dalam mengatasi pandemi Covid-19,” tandas Emil.

Mantan Bupati Trenggalek tersebut mengutarakan jika saat ini perawat bukan sebagai Medical Service semata, melainkan telah menjadi bagian dari Public Health. “Perawat bukan hanya melakukan treatment, tapi juga menjadi bagian dari public health bukan hanya medical service saja,” ujarnya.

Wagub Emil menyampaikan bahwa saat ini Pemprov Jatim bersama seluruh Pemkab/Pemkot tengah mendorong pemberdayaan bidan dan perawat yang ada di setiap Pos Kesehatan Desa (Poskesdes) yang ada di Jatim.

“Poskesdes diperkuat dengan bidan dan perawat desa dan kita akhirnya paroan dengan Pemkab/Pemkot untuk memberdayakan Poskesdes,” ucapnya.

Wagub Emil mengutarakan, bahwa saat ini masyarakat memiliki harapan yang besar pada profesi perawat.  “Akan ada tuntutan kemanusiaan pada nakes untuk bisa melakukan lebih, perawat bisa melakukan lebih dari apa yang dipahami oleh masyarakat sebenarnya, ya non nursing job,” ungkapnya.

Akan tetapi, Wagub Emil tidak ingin profesi perawat mengerjakan yang bukan menjadi tugasnya sebagai perawat. Hal tersebut dianggapnya agar perawat tidak memikul beban yang begitu berat. “Kita akan berusaha meminimize pekerjaan atau distorsi dari tenaga kesehatan,” katanya.

“Pemerintah akan terus berusaha, bahwa masih ada non nursing yang masih dikerjakan nursing dan ini akan terus kita upayakan agar hal tersebut bisa dihandle oleh non nursing,” tambahnya.

Orang nomor dua di lingkungan Pemprov Jatim tersebut menambahkan untuk tetap memperhatikan masalah kesehatan diluar Covid-19. “Sebelum ada pandemi kita punya masalah kesehatan lain, sehingga ini jangan sampai tidak diatasi juga,” jelasnya.

Ia menyarankan untuk memanfaatkan telemedicine dalam mengatasi kekhawatiran masyarakat untuk berobat di rumah sakit. “Oleh karena itu telemedicine juga bisa menjadi salah satu solusi dalam mengatasi kekhawatiran masyarakat untuk datang ke rumah sakit,” pungkasnya. [tok/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar