Pendidikan & Kesehatan

Viral SMKN 4 Kota Malang Jadi Hotel di Tengah Pandemi, Ini Penjelasan Kepsek

Ruang kamar Hotel di SMKN 4 Kota Malang.

 

Malang(beritajatim.com) – Netizen dihebohkan unggahan foto oleh akun media sosial twitter @NOLEP dengan caption “selama pandemi sekolahku jadi hotel”. Dalam foto itu merujuk SMKN 4 Kota Malang. Postingan mendapat banyak komentar, like dan retwet namun akun twitter itu kini raib alias non aktif, Selasa, (14/7/2020).

Mengenai heboh di dunia maya, Kepala Sekolah SMKN 4 Malang, Wadib Su’udi membenarkan memang ada 12 kelas yang dijadikan 28 kamar hotel. Mereka bekerjasama dengan RedDoorz aplikasi penyedia jasa penginapan. Sehingga logo RedDoorz terpampang jelas di halaman depan sekolahan.

“Karena sekolah kami berstatus Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) kami justru diminta untuk mengembangkan potensi bisnis. Status ini diresmikan 2017 oleh Pakde Karwo (mantan Gubernur Jatim). Dan yang menentukan status ini adalah provinsi,” ujar Wadib.

Wadib mengatakan kebetulan sekolah mereka baru saja membuka jurusan perhotelan sejak 2018 silam. Ada tiga kelas dengan masing-masing memiliki 36 siswa. Jadi keberadaan hotel ini selain untuk labolatorium pembelajaran juga untuk pemasukan sekolah dan siswa yang mau bekerja.

“Kami punya jurusan perhotelan, benar ada hotel tapi ini juga sekaligus labolatorium pembelajaran. Kami berdayakan murid sendiri karena kalau praktek saja hanya mendapat nilai saja. Tapi bila turun ke dunia industri langsung mereka bisa merasakan pengalaman bekerja. Dan tentunya konsep syariah,” papar Wadib.

Wadib menjelaskan, bahwa hasil dari keuntungan bisnis yang dimiliki sekolah, siswa yang bekerja akan mendapatkan honor. Sementara untuk cikal bakal dibuat hotel dimulai saat direktorat Kemendikbud RI meminta ada pengurangan jumlah rombongan belajar karena terlalu banyak.

“3 tahun lalu diminta direktorat, untuk memiliki 75 rombongan belajar saja. Saat itu kita punya 94 rombongan belajar melebihi ketentuan saya turunkan untuk dikurangi. Nah ruang kelas yang kosong inilah yang dijadikan untuk hotel kebetulan kita punya jurusan perhotelan,” tandasnya. (luc/ted)






Apa Reaksi Anda?

Komentar