Pendidikan & Kesehatan

Viral Nakes Positif Layani Pasien di Puskesmas, Ini Jawaban Pemkot Batu

Curhatan nakes yang diunggah akun instagram Ngalamlop.

Malang(beritajatim.com) – Tangkapan layar curahan hati seorang tenaga kesehatan di salah satu Puskesmas di Kota Batu viral di media sosial. Curhatan itu diunggah oleh akun instagram dengan nama Ngalamlop. Intinya nakes itu tetap diminta melayani pasien meski hasil swab PCR dirinya belum keluar negatif atau positif.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kota Batu, Onny Ardianto mengatakan, sejauh ini tidak semua nakes di Puskesmas di wilayahnya wajib tes swab PCR. Nakes yang wajib tes swab hanyalah mereka yang memenuhi kriteria seperti bergejala atau kontak erat.

“Tidak semua tenakes di Puskesmas dilakukan test PCR. Tenakes yang test PCR adalah tenakes yang memenuhi kriteria sebagai kontak erat dengan pasien konfirmasi Covid atau bergejala mengarah Covid,” ujar Onny, Jumat, (2/6/2021).

Onny mengatakan, selama ini nakes yang baru saja menjalani tes swab wajib menjalani isolasi mandiri. Dia memastikan di Kota Batu tidak ada nakes yang terkonfirmasi positif tetapi tetap memberikan pelayanan.

“Selama nakes menunggu hasil konfirm. Nakes menjalankan isolasi mandiri. Tidak ada nakes dengan status terkonfirmasi Covid yang memberikan pelayanan kepada masyarakat,” kata Onny.

Onny mengungkapkan, saat ini total nakes di Kota Batu yang terpapar Covid-19 sebanyak 62 orang. Terdiri 9 orang dari lingkungan Dinas Kesehatan, sebanyak 53 orang merupakan nakes di seluruh Puskesmas di Kota Batu. Dia juga menjamin selama bertugas nakes selalu disiplin protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

“Pemberian pelayanan kesehatan kepada masyarakat dilakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan ketat dan penggunaan APD yang sesuai untuk melindungi nakes dan masyarakat yang dilayani,” tandasnya. (luc/kun)



Apa Reaksi Anda?

Komentar