Pendidikan & Kesehatan

Viral Foto Ruang IGD Incovid RSSA Malang Penuh

Foto kondisi IGD Incovid RSSA Malang viral di media sosial. (Istimewa)

Malang (beritajatim.com) – Foto ruang IGD Incovid RSSA (Rumah Sakit Saiful Anwar) Malang penuh pasien, viral di media sosial. Kasubag Humas RSSA Malang, Donny Iryan membenarkan foto itu di RSSA. Namun, pihaknya tidak mengetahui pengunggah mendapatkan file foto dari mana.

“Kalau lihat gambar dan situasinya memang itu sepertinya memang situasi di RSSA. IGD incovid normalnya hanya 20 bed sekarang kami modifikasi sampai 30 bed. Sehingga mungkin itu yang terekam di twitter,” ujar Donny, Sabtu (19/12/2020).

Donny mengatakan, kondisi RSSA Malang saat ini memang penuh. Tingkat okupansinya mencapai 90 persen. Meski penuh, RSSA tetap melayani pasien. Hanya saja beberapa pasien harus menumpuk di IGD. Karena ruang isolasi berjumlah 83 kasur penuh pasien Covid-19.

“Keadaan saat ini memang sampai 90 persen tingkat kepenuhannya. Maksudnya, overload kan tidak bisa menerima ya, tapi kita kan tetap terima tapi stuck (menumpuk) di IGD dulu. Jadi memang tinggi sekali. Beberapa kali terjadi stucknasi pasien tidak bisa masuk ke ruang perawatan dan ruang isolasi bertahan di IGD karena memang ruang isolasi kami sedang penuh. Itu memang terjadi,” papar Donny.

Bahkan menyikapi kondisi saat ini RSSA Malang melakukan beberapa modifikasi dengan menambahkan kasur atau bed yang diambil dari ruang HD dan ruang stroke. Selain menambah kasur untuk mengurangi kepadatan pasien, mereka akan merujuk pasien gejala ringan dan sedang di RS Lapangan Ijen Bouelevard Malang.

“Untuk ruang isolasi saat ini memang penuh 83 bed itu. Kami melakukan modifikasi untuk pasien Covid-19 dengan menambah 46 bed diambil dari ruang HD dari unit stroke. Kami juga akan lakukan rujuk ke RS Lapangan terutama yang gejalan ringan dan sedang, serta dalam tahap pemantauan,” tandasnya. [luc/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar