Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Varian Omicron Masuk Jatim, Ini Pesan Walikota Madiun

Wali Kota Madiun Maidi

Madiun (beritajatim.com) – Covid-19 varian Omicron telah terdeteksi masuk wilayah Jawa Timur. Hal ini berdasarkan laporan dari Institute Tropical Disease (ITD) Universitas Airlangga (Unair) Surabaya.

Atas temuan itu, Wali Kota Madiun Maidi meminta masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan. “Kita harus membentengi diri. Caranya dengan meningkatkan protokol kesehatan. Gerai vaksin juga kita optimalkan,” tuturnya saat ditemui setelah Apel Pejabat di Ngrowo Bening Edupark, Senin (3/1/2022).

Sebagai informasi, varian Omicron menunjukkan gejala berbeda dari Covid-19. Pada pasien Omicron jarang ditemukan gejala anosmia. Justru, mereka merasakan gejala mirip flu pada umumnya. Seperti, tenggorokan gatal, nafas pendek, batuk kering, letih, hidung tersumbat, gejala demam, mual, dan diare. Karena itu, para ahli juga turut menghimbau masyarakat agar tetap waspada karena penularannya sangat cepat.

Sementara itu, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa meminta masyarakat untuk tidak panik. Namun, tetap diminta disiplin protokol kesehatan.

“Waspada penting, tapi jangan perkembangan ini membuat kita panik. Sejauh ini varian Omicron belum menunjukkan karakter yang membahayakan nyawa pasien, terutama pasien yang sudah mendapatkan vaksin,” terangnya, Minggu (2/1/2022)

Untuk itu, gubernur perempuan pertama di Jatim ini juga mengimbau pentingnya vaksinasi. Hal ini sebagai salah satu intervensi dalam menekan penyebaran Covid-19. “Segera datangi fasilitas-fasilitas kesehatan untuk mendapatkan vaksin,” tandasnya. [fiq/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar