Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Vaksinasi untuk Warga Binaan Lapas Jombang Tembus 90 Persen

Seorang warga binaan Lapas Jombang menjalani vaksinasi yang bertempat di aula, Sabtu (27/11/2021)

Jombang (beritajatim.com) – Lapas (Lembaga Pemasyarakatan) Kelas IIB Jombang mendukung upaya pemerintah dalam menciptakan herd immunity atau kekebalan kelompok guna memutus penularan Covid-19. Untuk itu, Lapas yang berada di Jl KH Wahid Hasyim itu terus melakukan percepatan vaksinasi bagi warga binaan.

Walhasil hingga Sabtu (27/11/2021), vaksinasi Covid-19 untuk warga binaan Lapas Jombang sudah tembus 90 persen. Rinciannya, jumlah warga binaan 983 orang. Dari jumlah itu, sebanyak 853 orang sudah mendapatkan vaksinasi dosis 1 dan 2.

“Hari ini kita lakukan vaksinasi sebanyak 450 orang. Pada Juli lalu juga kita lakukan kegiatan serupa. Sehingga jumlah total warga binaan yang sudah vaksin dosis 1 dan 2 sebanyak 853 orang atau setara dengan 90 persen. Karena jumlah total warga binaan 983,” ujar Kepala Lapas Kelas IIB Jombang, Mahendra Sulaksana.

Vaksinasi dilakukan di aula Lapas. Pelaksanaan vaksinasi tersebut berlangsung tertib dengan mematuhi protokol kesehatan (Prokes). Semua warga binaan memakai masker, tempat duduk mereka diatur secara berjarak. Guna menghindari kerumunan, vaksinasi dibagi dalam dua tahap, yakni pagi dan siang. Sedangkan jenis vaksin Covid-19 adalah Sinovac dan Astrazeneca.

“Meski vaksinasi sudah 90 persen, kami mengimbau kepada warga binaan agar tetap mematuhi protokol kesehatan. Karena hal tersebut merupakan upaya untuk memutus rantai penyebaran Covid-19,” kata Mahendra Sulaksana sembari mengatakan bahwa pihaknya menggandengan Puskesmas Jelakombo dalam vaksinasi tersebut.

Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP), Dedy Pranata Rubiyanto menambahkan, masih ada 10 persen atau 130 warga binaan Lapas Jombang yang belum vaksin. Mereka belum disuntik vaksin Covid-19 karena merupakan penghuni baru.

Namun demikian, Dedy memastikan, dalam beberapa pekan kedepan, warga binaan itu juga akan divaksinasi. Dengan begitu, vaksinasi di Lapas Jombang bisa mencapai 100 persen. “Setiap kegiatan vaksinasi, warga binaan sangat antusias mengikuti,” jelas Dedy. [suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Monstera Cafe, Tempat Kopi Hits di Puncak Kota Batu

APVI Tanggapi Soal Kenaikan Cukai Rokok Elektrik

Anoa Dataran Rendah Koleksi KBS Mati