Pendidikan & Kesehatan

Vaksinasi Serentak di Jombang Sasar 2.300 Lansia

Para lansia yang mengikuti vaksinasi dosis kedua di pendapa Pemkab Jombang, Selasa (8/6/2021)

Jombang (beritajatim.com) – Pemkab Jombang menggelar ‘Gebyar Vaksinasi Lansia’ dalam peringatan Hari Lanjut Usia Nasional ke-25 Tahun 2021. Acara yang berlangsung di pendapa Jombang itu dibuka Bupati Hj Mundjidah Wahab, Selasa (8/6/2021).

Menurut Bupati Mundjidah, ada sekitar 2.300 target sasaran. Selain di pendapa, vaksinasi juga digelar serentak di 21 kecamatan. “Dengan gebyar vaksinasi lansia ini, kita melakukan gerakan bersama yang jauh lebih masif, dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat dan stakeholder terkait. Tujuannya, agar semakin banyak lansia yang divaksinasi. Sehingga semakin mudah memutus rantai penyebaran Covid-19” kata Mundjidah.

Bupati pada kesempatan tersebut juga berdialog melalui zoom meeting dengan kecamatan/puskesmas yang juga melaksanakan vaksinasi. Bupati menanyakan kondisi dan proses pemberian vaksin untuk lansia di masing-masing kecamatan tersebut. Secara virtual, Bupati Jombang juga berdialog dengan Staf Ahli Menteri Kesehatan.

Bupati perempuan ini mengungkapkan vaksinasi di Jombang sudah mencapai 67,9 persen. Sudah begitu, ketersediaan vaksin juga cukup. Karena Kabupaten Jombang mendapat vaksin dari Pemprov Jatim terbanyak kedua setelah Surabaya.

Meski demikian, Mundjidah berpesan agar masyarakat tidak kendor dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes). Yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, serta menjauhi kerumunan atau 5M.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jombang drg Subandriyah mengatakan bahwa efek samping Vaksin AstraZeneca selama ini memang ada, tetapi sangat ringan. “Dari Kemenkes sudah menyampaikan, efeknya sangat ringan,” pungkas Subandriyah.

Selain Bupati Jombang, agenda bertajuk Gebyar Vaksinasi Lansia Dalam Rangka Hari Lanjut Usia Nasional ke 25 Tahun 2021 tersebut juga dihadiri oleh Sekdakab Jombang Akhmad Jazuli, Ketua TP PKK Kabupaten Jombang Wiwin Sumrambah, Perwakilan Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah), Kepala OPD (organisasi perangkat daerah), tokoh agama, tokoh masyarakat, serta para lansia peserta vaksinasi. [suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar