Pendidikan & Kesehatan

Vaksinasi Lansia Kota Kediri Capai 59,10 Persen

Kediri (beritajatim.com) – Kota Kediri masuk dalam jajaran 19 kabupaten/kota se-Indonesia yang memvaksinasi lansia di atas 50 persen sasaran. Berdasarkan data dari Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional pada tanggal 17 Mei 2021, Kota Kediri berada pada peringkat 11 dengan cakupan vaksinasi Covid-19 bagi kelompok lansia di Kota Kediri telah mencapai 10.904 orang yang telah mendapat suntikan dosis pertama.

Meskipun Kota Kediri bukan ibu kota provinsi, namun cakupan vaksinasi di Kota Kediri mencapai 59,10 persen. Dimana target peserta vaksinasi lansia di Kota Kediri sebanyak 18.450 orang. Capaian ini dapat diperoleh oleh Kota Kediri berkat berbagai upaya yang telah dipersiapkan untuk mengejar percepatan vaksinasi bagi lansia. Seperti upaya jemput bola yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Kediri.

Penyuluhan vaksinasi Covid-19 kepada lansia dan keluarga lansia secara masif terus dilakukan. Bahkan penyuluhan juga dilakukan secara door to door. Selain itu, petugas dari Puskesmas menjemput lansia untuk dibawa ke Puskesmas ataupun ke Rumah Sakit untuk mendapatkan vaksinasi. Mengingat selain rasa takut untuk divaksin, keterbatasan akses lansia menuju lokasi vaksinasi menjadi kendala proses vaksinasi bagi lansia.

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar mengungkapkan capaian tersebut berhasil diraih berkat kolaborasi Pemerintah Kota Kediri dan Forkopimda Kota Kediri untuk terus mempercepat vaksinasi di Kota Kediri. Khususnya vaksinasi untuk lansia. “Alhamdulillah ini berkat kerjasama kita semua. Baik TNI, Polri, dan Pemda. Semoga ke depan semakin kompak,” ujarnya.

Wali Kota Kediri juga menambahkan bahwa lansia merupakan kelompok prioritas vaksinasi Covid-19. Karena kelompok lansia termasuk kelompok yang berisiko tinggi bila terpapar Covid-19. Pemerintah Kota Kediri telah melakukan upaya-upaya yang mempercepat pelaksanaan vaksinasi bagi lansia. “Semoga percepatan vaksinasi di Kota Kediri berjalan dengan lancar dan vaksinasi bagi lansia dapat segera selesai,” imbuhnya. [nm/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar