Pendidikan & Kesehatan

Vaksinasi Lansia di Bangkalan Belum Capai 2 Persen

Bangkalan (beritajatim.com) – Vaksinasi Covid-19 pada kalangan lanjut usia (Lansia) di Kabupaten Bangkalan, sampai saat ini belum mencapai 2 persen dari total sasaran.

Kepala Seksi (Kasi) Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan setempat, Siska Damayanti menyebutkan, mayoritas lansia menolak melaksanakan vaksin di bulan puasa. Sebab, mereka khawatir vaksinasi akan membatalkan puasa.

“Para lansia bersedia untuk divaksin usai hari raya Idul Fitri. Kebanyakan merasa khawatir jika vaksinasi akan membatalkan puasa,” tuturnya, Selasa (4/5/2021).

Diketahui, hingga saat ini terdapat 52.640 sasaran vaksinasi lansia. Dari jumlah itu, sebanyak 608 orang sudah melaksanakan vaksinasi tahap pertama dan 164 orang sudah melaksanakan vaksinasi tahap kedua.

“Untuk Lansia dosis pertama masih 1,16 persen sementara untuk dosis kedua 0,31 persen. Nanti setelah lebaran akan mulai dilaksanakan lagi,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Komisi D DPRD Bangkalan, Nur Hasan mengimbau agar lansia menjadi prioritas pelaksanaan vaksin. Sebab, para lansia memiliki potensi tertular lebih rentan. “Lansia itu rentan untuk terpapar penyakit sehingga perlu menjadi prioritas vaksinasi,” tandasnya. [sar/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar