Pendidikan & Kesehatan

Vaksinasi Jemput Bola di Banyuwangi, Bagaimana Mekanismenya?

Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi dr. Widji Lestariono (kanan) saat mendampingi Bupati Ipuk Fiestiandani Azwar Anas pada pelaksanaan vaksinasi di Kecamatan Purwoharjo, Jumat (5/3/2021).

Banyuwangi (beritajatim.com) – Pemda Banyuwangi merencanakan akan mengadakan layanan vaksinasi Covid 19 jemput bola bagi lansia dan penyandang disabilitas. Lalu bagaimana proses dan mekanisme yang harus dilalui?

Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi, dr Widji Lestariono, menyebut, layanan vaksinasi jemput bola cukup mudah. Layanan ini juga untuk memudahkan para warga lansia dan penyandang disabilitas.

“Kami akan data. Jadi kalau memang tidak memungkinkan ke puskesmas, petugas yang datang ke rumah,” kata Rio, sapaan akrabnya, Jumat (5/3/2021).

Nantinya, kata Rio, petugas akan melakukan layanan vaksinasi di rumah atau satu lokasi terdekat dengan warga lansia dan disabilitas. Tapi tetap harus melalui beberapa tahapan.

“Tentu dengan tahapan yang sesuai disyaratkan Kementerian Kesehatan, mereka tetap akan melalui empat tahap saat proses vaksinasi nanti,” urainya.

Rio menjelaskan jemput bola vaksinasi tersebut akan dilakukan saat tahap III yang diperuntukkan untuk masyarakat umum.

“Untuk pelaksanaanya menunggu jadwal kedatangan vaksin dari pemerintah pusat,” pungkas Rio. [rin/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar