Pendidikan & Kesehatan

Vaksinasi Dosis Pertama di Ponorogo Capai 25 Persen

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Ponorogo drg. Heni Lastari, (foto/Endra Dwiono)

Ponorogo (beritajatim.com) – Awal bulan September ini, menjadi capaian positif vaksinasi Covid-19 di Ponorogo. Data Dinas Kesehatan (Dinkes) Ponorogo, sedikitnya 25 persen warga Ponorogo sudah melakukan vaksinasi dosis pertama. Jumlah tersebut naik tajam, dimana sebelumnya hanya 15 persen dari total sasaran sebanyak 700 ribu warga bumi reyog.

“Alhamdulillah, capaian vaksinasi dosis pertama di Ponorogo sudah mencapai 25 persen,” kata Kepala bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Ponorogo drg. Heni Lastari, Jumat (10/9/2021).

Boleh diakui, bahwa kunjungan kerja Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) pada hari Selasa (7/9) lalu menjadi pemicunya. Jika awalnya sulit mendapatkan vaksin, namun dalam 3 hari sebelum kedatangan orang nomor satu di Indonesia itu, Ponorogo digelontor vaksin berbagai merek dari tingkat provinsi maupun pusat. “Kita harus syukuri tingginya capaian vaksinasi Covid-19 tersebut,” katanya.

Sehingga capaian Ponorogo untuk herd immunity atau kekebalan kelompok juga akan segera terwujud. Heni menjelaskan bahwa dari 25 persen warga yang sudah divaksinasi tersebut, prosentase tertingginya adalah peserta diatas 18 tahun. Sedangkan capaian paling rendah yakni di usia remaja. Sebab alokasi vaksinnya masih sedikit. “Harapannya, pasokan vaksin terus lancar sehingga bisa mencapai 100 prosen sasaran di tahun 2021,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, catatan dari Dinkes Ponorogo, dalam tiga hari terakhir ada 75 ribu dosis yang disuntikan ke warga. Dengan rincian, pada hari Sabtu (4/9) sebanyak 25 ribu dosis, 20 ribu dosis untuk hari Minggu (5/9). Sementara untuk hari ini Senin (7/9), sebanyak 30 ribu dosis.

“Hari ini sebanyak 10 ribu vaksin bantuan dari Polda Jatim, dan 20 ribu vaksin dari Kodam 5 Brawijaya. Jadi hari ini sampai pukul 17.00 WIB kami menargetkan 30 ribu vaksin selesai disuntikan,” kata Sekda Ponorogo Agus Pramono.

Agus menyebut serbuan vaksinasi beberapa hari terakhir ini merupakan suntikan untuk dosis pertama. Dia optimistis vaksin akan tersedia untuk dosis kedua nanti. “Insyallah aman untuk dosis kedua, karena droping pusat aman,” katanya. (end/kun)


Apa Reaksi Anda?

Komentar