Pendidikan & Kesehatan

Vaksinasi di Ponorogo Bakal Sasar Kepala Desa dan Perangkat

Ponorogo (beritajatim.com) – Vaksinasi anti Covid-19 masih terus dilakukan di Ponorogo. Setiap vaksin yang datang, akan segera dilakukan pendataan untuk sasaran penerimanya. Kelompok lanjut usia (lansia) masih menjadi prioritas sasaran vaksinasi di bumi reyog. Sebab, sesuai intruksi Pemerintah Pusat, warga berumur lebih dari 60 tahun itu didahulukan untuk vaksinasi. Karena kelompok lansia tersebut rentan terpapar virus yang berasal dari Wuhan China tersebut. “Sesuai intruksi pusat, vaksinasi diprioritaskan untuk para lansia,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Ponorogo, drg. Rahayu Kusdarini, Rabu (12/5/2021).

Pada minggu ini, menurut catatan Dinkes ponorogo ada kiriman vaksin sebanyak 14.200 vaksin, baik itu AstraZeneca dan Sinovac. Jumlah tersebut, sebagian besar diperuntukkan kepada lansia. Irin sapaan karib Rahayu Kusdarini menyebut bahwa jatah 8.500 dosis vaksin AstraZeneca masih untuk kelompok usia diatas 60 tahun. “Sisanya untuk tenaga pendidik yang belum tersentuh vaksin dan kepala desa dan perangkatnya,” katanya.

Kepala desa dan perangkatnya dipilih karena bagian dari petugaa pelayanan publik. Selain itu mereka kelak akan diberi tugas untuk mensosialisasikan vaksinasi kepada para lansia di desa masing-masing. Vaksin AstraZeneca semua disuntikan untuk dosis pertama. Sebab, jeda suntikan untuk tahap kedua untuk vaksin ini sekitar 8 minggu. Sehingga dosis tahap kedua memungkinkan untuk menunggu pengiriman selanjutnya. “Beda dengan Sinovac, sesuai intruksi harus dibagi dua dari total pengiriman untuk penyuntikan kedua,” katanya.

Ketersediaan dan pengiriman vaksin yang terbatas dari Pemerintah Pusat, kata Irin menjadi salah satu penyebab lambatnya vaksinasi di Ponorogo. Tercatat sudah ada 61.000 dosis vaksin berbagai merek diterima Pemkab Ponorogo. Jumlah tersebut harus dibagi menjadi dua kali penyuntikan. Sehingga jika dikalkulasi baru 30.100 orang di bumi reyog sudah tuntas vaksinasi. “Jumlah itu belum ada 10 persen dari target sasaran vaksinasi, yakni 750.000 warga Ponorogo,” pungkasnya. (end/kun)



Apa Reaksi Anda?

Komentar