Pendidikan & Kesehatan

Vaksin Sinovac Tiba Lebih Awal

Vaksinasi di Kota Malang Dipercepat

Vaksin sinovac tiba di Dinkes Kota Malang.

Malang (beritajatim.com) – Dinas Kesehatan Kota Malang menerima 10.240 dosis vaksin sinovac Covid-19, Senin (25/1/2021) petang. Vaksin ini datang lebih awal, sebab predikasi Dinkes Kota Malang, vaksin tiba pada Februari 2021, selanjutnya di suntikan ke daftar penerima seperti tenaga kesehatan (nakes) di bulan yang sama.

Kepala Dinkes Kota Malang Sri Winarni mengatakan, sebanyak 13.310 data tenaga kesehatan untuk disuntik vaksin tahap awal. Namun, yang menjadi sasaran 10.240 orang. Jumlah vaksin yang diterima Kota Malang pun sesuai dengan jumlah sasaran di tahap awal.

“Jumlah tenaga kesehatan (nakes) yang terdata sebanyak 13.310 orang. Sementara, yang menjadi sasaran vaksin, 10.240 orang. Sehingga, jumlah vaksin yang terdistribusi sesuai dengan jumlah sasaran,” ujar Sri.

Soal kemungkinan vaksinasi dimajukan dari jadwal yang telah disusun, Sri menjelaskan akan memperbarui jadwal vaksinasi. Sejumlah fasilitas yang akan menjadi tempat vaksinasi juga akan disiapkan kembali.

“Saat ini, kami menjadwalkan ulang proses vaksinasi di fasilitas-fasilitas kesehatan. Kami juga telah menyiapkan vaksinator (petugas penyuntik vaksin) di 16 Puskesmas di Kota Malang,” kata Sri.

Sri mengatakan, saat ini Dinkes Kota Malang telah memiliki 4 unit cold storage atau lemari pendingin. Vaksin yang tiba di tahap awal disimpan di 3 cold storage. Masing-masing berkapasitas 3 ribu hingga 3.500 vaksin.

“Suhunya antara 2 sampai 8 derajat untuk penyimpanan. Cold storage ada yang mampu menyimpan 3.000 sampai 3.500 vaksin. Juga telah kita siapkan genset semua sudah tersistem saat ada listrik padam agar vaksin tetap dalam suhu yang ditentukan,” tandas Sri. [luc/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar