Pendidikan & Kesehatan

Vaksinasi di Kabupaten Malang Bakal Dimulai Awal Februari 2021

Malang (beritajatim.com) – Pemerintah Kabupaten Malang belum memastikan kapan vaksin Covid-19 mulai didistribusikan. Namun begitu, informasi diperoleh untuk Kabupaten Malang vaksinasi Covid-19, diperkirakan akan dilakukan pada awal bulan Februari 2021. Pemkab Malang masih berupaya melakukan persiapan terkait vaksinasi tersebut.

“Mengapa kita diberi vaksin, siapa saja yang akan diberi vaksin, itu nanti akan kita sosialisasikan. Agar masyarakat Kabupaten Malang tahu, bagaimana vaksin itu. Dan juga seperti apa kesiapan kita dalam menerima vaksin itu,” beber Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Malang, Wahyu Hidayat, Selasa (12/1/2021).

Proses awal nantinya, akan ada 10 pejabat di lingkungan Pemkab Malang yang akan divaksinasi lebih dulu. Yakni Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) yang terdiri dari Bupati Malang, Dandim 0818 Kabupaten Malang-Kota Batu, Kapolres Malang, Kajari Kabupaten Malang, Kepala Pengadilan Negeri (PN), Kepala Pengadilan Agama (PA) Kabupaten Malang dan empat pejabat lain.

“Selain enam Forpimda nanti saya (Sekda), Dinkes (Dinas Kesehatan), Direktur RSUD (Rumah Sakit Umum Daerah) Kanjuruhan dan Direktur RSUD Lawang,” ungkap Wahyu.

Sebelum dilakukan vaksinasi, tenaga kesehatan (nakes) akan mengkuti pelatihan dan diklat terlebih dahulu. “Nanti kan nakesnya didiklat dulu. Setelah diklat baru nanti Insya Alloh awal Februari 2021 ini,” tegas Wahyu.

Sementara itu, Bupati Malang, HM Sanusi menyatakan kesiapannya menjadi salah satu orang pertama yang akan divaksin. Dirinya pun menyebut, bahwa hal itu perlu dilakukan untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat Kabupaten Malang terhadap vaksin Covid-19.

“Saya siap. Ya gak apa-apa, karena itu kan bisa memberikan rasa aman kepada mereka yang mau divaksin. Pokoknya nanti yang pertama termasuk pak Kapolres dan Pak Ketua Dewan. Intinya kami siap jadi yang pertama,” pungkas Sanusi. (yog/kun)



Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim Foto

Air Terjun Telunjuk Raung

Foto-foto Longsor di Ngetos Nganjuk