Pendidikan & Kesehatan

Vaksinasi di Desa Maesan Kediri Libatkan Forum RT dan RW

Kediri (beritajatim.com) – Kesadaran masyarakat pentingnya vaksinasi dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) perlahan mulai terbangun. Hal ini tercermin dari antusias warga Desa Maesan Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri untuk mengikuti vaksinasi.

Kegiatan itu digelar oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Maesan dengan bekerjasama pihak UPTD Pukesmas Ngadi, Kecamatan Mojo, serta pelibatan Forum RT dan RW setempat, pada Rabu, 23 Juni 2021.

Kepala Desa Ngadi Ahmad mengatakan, Desa Maesan sudah kedua kalinya menyelenggarakan vaksinasi. Tahap pertama untuk lansia, yang dikuti kurang lebih 152 orang.

Kemudian tahap kedua, pada 23 Juni 2021 hari ini. Vaksinasi diikuti oleh masyarakat usia diatas 50 tahun yang belum divaksin. Terdiri dari kelompok rentan yaitu, keluarga Nakes, OGDJ, santri usia diatas 18 tahun.

Lalu pelayanan publik antara lain, kader kesehatan, pedagang, ketua RT/RW, tokoh masyarakat. Kemudian guru yang belum di vaksin baik di TK, Platgrup, guru ngaji/TPQ/TPA. Jumlahnya sebanyak 310 orang. Vaksinasi kedua dilaksanakan di Kantor Desa setempat.

Sementara itu, untuk jadwal dan pelaksanaan vaksinasi tersebut tambah Ahmad, telah disosialisasikan terlebih dahulu ke masyarakat dengan menggunakan postur himbauan vaksinasi Covid-19 di desa terkecil yang saat ini dipimpinnya.

“Iya, tiga hari sebelum pelaksanaan vaksinasi, sudah kami sosialisasikan ke masyarakat sehingga pelaksanaan vaksinasi di desa ini bisa berjalan aman dan sukses dan terkait terkedalanya internet saat pelaksanaan vaksinasi kedepan akan kita perbaikan agar internet di tingkat kecepatan, serta masyarakat yang belum tervaksinasi covid-19 akan saya koordinasi dengan UTPD Pukesemas Ngadi untuk memberikan jadwal vaksinasi ulang di Balai Desa Maesan,” tandasnya.

Di tempat yang sama, Kepala UPTD Puskesmas Ngadi dr. Ratnasari Tri Sulistyowati mengaku, sangat terbantu dengan keterlibatan Forum RT/RW. Mereka turut berperan aktif dalam membantu dan mengawal warganya pada kegiatan vaksinasi Covid-19

Namun ada catatan kecil dari pelaksanaan vaksinasi di Balai Desa Maesan Kecamatan Mojo hari ini. Antara lain, terkait koneksi internet dan masih kurangnya kesadaran masyarakat untuk tidak merokok di lokasi vaksinasi. Padahal tim vaksinator Puskesmas Ngadi sudah memberikan himbauan agar tidak merokok di lokasi vaksinasi.

Terkait masyarakat Desa Maesan yang belum terlayani vaksinasi covid-19 bisa ke PKM Ngadi, imbuhnya, jadwal terdekat, pada Sabtu 26 Juni mendatang. Pemdes Maesan bisa menjadwalkan ulang pelaksanaan vaksinasi covid-19.

“Alhamdulilah kegiatan hari ini telah berjalan lancar. Hal ini tidak lepas dari peran semua pihak yang turut membantu proses vaksinasi,” tuturnya.

Nahori, selaku Ketua RT yang ikut menjalani vaksinasi Covid-19 menyampaikan, ucapan terima kasih kepada petugas kesehatan, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Desa Maesan yang telah peduli kepada warganya dalam pencegahan Virus Covid -19. ”Semoga dengan pemberian vaksin ini, pandemi Covid-19 atau corona segera berahir. Sehingga kita bisa menjalani kehidupan normal kembali,” ujar Nahroni. [nm/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar